Pendaftaran Online UNHAN

UNHAN - Pendaftaran Online UNHAN - Universitas Pertahanan Seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pendaftaran secara rinci untuk lebih jelas apa saja yang harus dilakukan dalam proses pendaftaran secara online simak langsung saja informasi pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online melalui pendaftaran UNHAN simak selengkapnya dibawah ini.

Seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai UNHAN jika dilihat dari bentuknya UNHAN merupakan singkatan Universitas Pertahanan dimana merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang dianggap pantas untuk menerimannya UNHAN adalah Universitas dibawah kementerian Pertahanan Republik Indonesia, jika anda berminat masuk UNHAN bisa mengikuti seleksi mahasiswa baru yang dibuka dua gelombang sebelum sampai pada pembahasan tersebut admin akan memberikan beberapa ketentuan mengenai seputar UNHAN simak selengkapnya dibawah ini.

Berikut merupaka ketentuan kampus yang dibahas dikutip dari Wikipedia Unhan merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat Strata 2. Unhan adalah lembaga pendidikan tinggi terbuka. Unhan memberi kesempatan kepada para perwira TNI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Landasan filosofis UNHAN yaitu 'Identitas', 'Nasionalisme' dan 'Integritas'.

Pendaftaran Online UNHAN

Untuk penerimaan akan dilaksanakan melalui beberapa jalur seleksi UNHAN membuka dua jalur masuk yang dibagi dalam dua gelombang yaitu 1 dan 2 berbeda bulan pembukaan untuk lebih jelas admin akan menguraikan secara rinci dan jelas mengenai Seleksi UNHAN yang bisa diikuti oleh peserta berikut ini informasi yang bisa diikuti keterangan dan ketentuan yang telah dijelaskan akan dibahas secara rinci dan jelas dibawah ini secara mendalam untuk informasi lengkap Pendaftaran Online UNHAN simak berdasarkan jalur seleksi yang dibuka.


1. Pendaftaran Online UNHAN Beasiswa Gelombang 1.

PMB atau lebih dikenal dengan Penerimaan Mahasiswa Baru seleksi masuk UNHAN akan dibuka melalui gelombang 1 dimana pembukaan akan dilaksanakan pada tanggal 02 Feberuari - 20 Ferbruari untuk informasi pendaftaran dapat diakses melalui Pendaftaran.idu.ac.id ketentuan yang dibahas akan mengacu pada Universitas Pertahanan sepenuhnya langsung pada kementerian untuk informasi lainnya dapat dilihat melalui situs yang sama dan beberapa penerimaan yang tertera pada situs tersebut gelombang 1 memang dilaksakanan pada awal bulan tahun baru.


2. Pendaftaran Online UNHAN Beasiswa Gelombang 2.

Seleksi Mahasiswa Baru UNHAN akan dilaksanakan dua kali yaitu pada tanggal yang tertera diata dan untuk gelombang 2 atau pembahasan berikutnya pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 6 April - 1 Mei PMB ini akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal sama saja untuk pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs Pendaftaran.Idu.ac.id untuk ketentuan lainnya harus mengikuti semua prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi, semua informasi ini akan anda temukan melalui situs resmi yang telah disebutkan.

Bagaimana sudah tahu kan seleksi UNHAN yang tersedia apa saja selanjutnya anda juga bisa mengikuti semua seleksi sesuai dengan ketentuan yang tertulis diatas selanjutnya adalah admin akan memberikan bagaimana cara mendaftar lebih rinci mekanisme yang bisa anda lihat dan perhatikan untuk ketetapan yang berlaku melalui situs tersebut akan diuraikan secara rinci dan lebih mendalam seperti berikut ini simak langsung saja dibawah ini beberapa rincian mengenai Pendaftaran UNHAN dan Mekanisme Pendaftaran simak selengkapnya dibawah ini. Ada beberapa langkah yang bisa diikuti seperti dibawah ini.


Mekanisme Pendaftaran Online UNHAN.

1. Pendaftaran Online. 

Calon Mahasiswa mendaftarkan diri dengan mengakses portal Unhan www.idu.ac.id melalui menu Registrasi Online dan diwajibkan upload pas foto terbaru berlatar belakang putih (Laki-laki memakai jas warna hitam dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser warna hitam). Setelah Pendaftar berhasil melakukan pengisian, Pendaftar diwajibkan mencetak Formulir Registrasi Pendaftaran sebagai bukti pendaftaran dan diserahkan pada saat verifikasi administrasi.


2. Verifikasi Administrasi

Setelah registrasi online pendaftar melakukan verifikasi administrasi datang ke Sekretariat Pendaftaran Unhan Jl. Salemba raya No. 14 selambat-lambatnya 8 April  s.d. 1 Mei dengan membawa berkas persyaratan rangkap 4 (empat) sebagai berikut :
  • Menyerahkan hasil cetak Formulir Registrasi Online/pendaftaran.
  • Surat Perintah/Ijin dari Satuan/Perusahaan (bagi yang bekerja).
  • Surat Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (bagi yang bekerja).
  • Legalisir ijazah Strata-1 dan transkrip nilai (4 lembar masing-masing).
  • Pas Foto Resmi berwarna berlatar belakang berwarna putih (Laki-laki memakai jas dan berdasi, Perempuan memakai hem berkerah dan blaser hitam) ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar.
  • Menyerahkan softcopy file pas foto sesuai point e. untuk keperluan administrasi kemahasiswaan.
  • Paper tentang persepsi program studi yang dipilih. Paper diketik spasi 1,5 dalam bahasa Inggris maksimal 2 halaman, kertas A4 dan diserahkan rangkap 4 (empat). 
  • Surat Keterangan Kelulusan (jika belum mendapatkan ijazah).
  • Surat Keterangan yang menyatakan prestasi dan perilaku atau rekomendasi dari Dosen Pembimbing S1 bagi mahasiswa yang baru lulus (untuk umum).
  • Surat Keterangan Rekomendasi dari Pejabat Atasan Langsung (untuk umum yang sudah bekerja jika belum bekerja dari Dekan Fakultas).
  • Foto copy Akta Kelahiran.
  • Foto copy KTP. m. Foto copy Kartu Keluarga.
  • Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  • Memiliki kondite baik dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (wajib untuk umum). 
  • Membawa Dokumen Asli pada saat verifikasi untuk berkas yang foto copy (a.l: ijasah dan Transkrip nilai S1).

3. Proses Pendaftaran Akhir.

Pendaftar yang telah melakukan verifikasi administarsi akan mendapatkan Kartu Tanda Peserta Seleksi Mahasiswa Baru UNHAN.

Dari beberapa informasi diatas makan dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai UNHAN seputar Pendaftaran dibagi dalam 2 gelombang, pertama dilaksanakan pada bulan februari dan untuk gelombang 2 dilaksanakan bulan April, setiap tahun UNHAN membuka mahasiswa baru, telah disebutkan bahwa UNHAN merupaka Universitas unik disetarakan jenjang pendidikan Strata 2 seperti yang telah dijelaskan diatas tentu ini menjadi sebuah peluang besar bagi anda untuk mengikuti tidak hanya meliter saja sipil juga bisa mengikuti karena seleksi yang dibuka untuk jalur umum. Selain UNHAN lembaga terkait dibawah kementerian Pertahaan adalah AAU dan AAL serta AKMIL.

Bagaimana sudah cukup jelas kan sekarang bagi yang berminat mengikuti seleksi UNHAN bisa mengikuti petunjuk pendaftaran yang telah disebutkan melali situs resmi UNHAN untuk Informasi selanjutnya tentang seleksi masuk Unhan Tahun Akademik saat ini dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Unhan Jl. Salemba Raya No. 14, Jakarta Kode Pos 10430, Tlp. (021) 32236301 atau di website Unhan www.idu.ac.id atau kirimkan pertanyaan ke email: pmb.unhan@idu.ac.id. Semoga bisa memberikan manfaat semua informasi yang telah disampaikan terima kasih salam sukses.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk