Pendaftaran USM UNSRI

USM.UNSRI.ac.id - Pendaftaran USM UNSRI - Universitas Sriwijaya membuka pendaftaran jalur USM khusus jenjang pendidikan S2 dan S3 untuk semua program studi yang tersedia gelombang 3, Program Pasca Sarjana Unsri bertempat di Padang Salasa Palembang memiliki beberapa program studi semua bidang terutama pendidikan dan kesehatan melalui beberapa penerimaan yang disediakan untuk lebih jelas akan dibahas secara rinci dibawah ini.

USM UNSRI merupakan salah satu program studi yang dibuka untuk jalur mandiri, mungkin sebagian dari mahasiswa atau calon mahasiswa sudah mengetahui jalur masuk satu ini, ya memang hampir sama dengan seleksi lainnya UNSRI membuka beberapa jalur masuk untuk S2 dan S3 beberapa program studi yang dimaksud adalah sesuai dengan yang ada di UNSRI, bagi yang berminat ada beberapa ketetapan yang harus disiapkan untuk bisa mengikuti seleksi tetapi sebelum sampai pada tahap tersebut kita akan membahas lebih rinci mengenai jalur masuk satu ini.

Ujian Saringan Masuk merupakan jalur masuk untuk mahasiswa bagi jenjang pendidikan yang dibuka oleh UNSRI hanya saja untuk bisa mengikuti seleksi ini harus membaca beberapa ketentuan mengenai pendaftaran, nah jika beberapa informasi yang sudah disajikan hanya membahas mengenai pendaftaran untuk jenjang pendidikan S1 untuk kesempatan kali ini Populer Web akan membahas secara rinci mengenai pendaftaran untuk jenjang pendidikan S2 dan S3 untuk penerimaan dan keterangan lebih jelas akan diuraikan apa saja yang menjadi prioritas unggul agar bisa mendaftar.



Seperti biasa beberapa ketentuan yang dibahas seputar pendaftaran akan mengacu pada pengalaman, tahun ini rencana admin ingin kuliah lagi S2 memang menyisahkan beberapa tulisan mengenai proses perjalanan mendaftar S2 nah sekaligus bisa menjadi pengalaman dari mahasiswa yang ingin mengikuti seleksi Pascasarjana UNSRI untuk keterangan lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini mengenai Pendaftaran khusus S2 UNSRI melalui pendaftaran inilah kita mulai perjalanan kuliah S2 untuk lebih jelas simak selengkapnya.

Untuk bisa mendaftar anda harus memperhatikan beberapa ketentuan yang berlaku seperti dibawah ini mulai dari persyaratan sampai dengan beberapa ketentuan lainnya dari beberapa informasi yang ada harus dipastikan terlebih dahulu apakah persyaratan yang dimaksud memang benar-benar sesuai petunjuk pendaftaran, nah langsung saja bagi yang berminat untuk melakukan pendaftaran harus mengikuti tata cara pendaftaran apa saja simak selengkapnya dibawah ini secara rinci selengkapnya.


Tata Cara Pendaftaran USM UNSRI S2 dan S3.
  1. Kunjungi situs www.usm.unsri.ac.id (dianjurkan menggunakan browser “Mozilla Firefox” jika terdapat pesan seperti di bawah ini, klik ”I Understand The Risk”, kemudian lanjutkan. 
  2. Kemudian klik ”Add Exception...” 
  3. Klik ”Confirm Security Exception” 
  4. Mengupload keterangan verifikasi ijazah: a. Bagi calon mahasiswa yang ijazah jenjang pendidikan sebelumnya (S1 dan/atau S2) diperoleh setelah 31 Juli 2004 harus terdaftar pada PD-DIKTI dan mengupload Lembaran Data PD-DIKTI yang diprint screen dari web: www.forlap.dikti.go.id, b. Bagi Calon mahasiswa yang ijazah jenjang pendidikan sebelumnya (S1 dan/atau S2) diperoleh sebelum 1 Agustus 2004 mengupload surat keterangan dari pimpinan perguruan tinggi masing-masing tentang verifikasi ijazah, dan surat aslinya (tidak dalam bentuk scan) dikumpulkan bersama berkas pendaftaran. c. Apabila calon mahasiswa tidak memenuhi kriteria 4a dan 4b, ybs akan gugur secara administrasi dan tidak diperkenankan ikut ujian seleksi masuk PPs Unsri dan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
  5. Setelah itu akan muncul tampilan utama situs, kemudian pada menu utama klik menu ”SLIP PEMBAYARAN BIAYA PENDAFTARAN”.
  6. Isilah slip pembayaran seperti pada gambar di atas dengan mengisi: a. Nomor Identitas, dapat berupa Nomor KTP atau SIM calon peserta. b. Nama Lengkap Calon Peserta c. Kelompok Ujian, dipilih sesuai dengan kelompok ujian yang akan Anda ambil dalam pelaksanaan seleksi. d. Kode Verifikasi, isilah 6 digit angka yang tertera pada gambar ke dalam kotak teks yang tersedia. e. Setelah selesai klik tombol ”Lanjutkan".
  7. Kemudian akan muncul halaman konfirmasi pengisian slip pembayaran Anda.
  8. Koreksilah terlebih dahulu slip pembayaran Anda, jika Anda yakin telah mengisinya dengan benar kemudian kliklah tombol ”Setuju”.
  9. Kemudian akan muncul halaman donwload slip pembayaran, kliklah tombol ”Download Slip Pembayaran”.
  10. Kemudian cetaklah Slip Pembayaran Anda menggunakan Adobe Acrobat Reader
Nah setelah anda mengikuti beberapa tata cara pendaftaran USM UNSRI S2 dan S3 seperti yang telah dibahas diatas selanjutnya bawa slip pembayaran yang telah dicetak, untuk besaran biaya pendaftaran sudah tertera apakah pada pilihan 1 atau 2 dan 3 sesuai dengan yang anda pilih kemudian pembayaran dapat dilakukan melalui teller Bank BNI dengan cara datang dan memberikan resi pembayaran yang sudah anda cetak, atau bisa melalui ATM BNI ikuti semua petunjuk yang tertera pada ATM sesuai dengan Panel pendaftaran USM UNSRI yang ada.

Untuk bisa mendaftaran dan melanjutkan beberapa ketentuan pendaftaran setelah melakukan pendaftaran anda harus melakukan kompirmasi dan melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi usm.unsri.ac.id sebelum melakukan pendaftaran harus cek dan siapkan beberapa persyaratan untuk memperisiapkan proses pendaftaran tujuannya adalah agar lebih mudah melakukan pendaftaran seperti yang dimaksud untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini secara rinci dan jelas.


Beberapa Persyaratan yang harus disiapkan untuk Pendaftaran USM UNSRI Online.
  • Slip atau tanda bukti pembayaran. 
  • Fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus. 
  • File pas foto berwarna (1 bulan terakhir), berformat JPG atau PNG berukuran maksimum 600 KB dengan resolusi minimum 200 x 300 pixels. 
Jika semua proses pendaftaran yang sudah disiapkan anda bisa mengikuti beberapa petunjuk pendaftaran lanjutan setelah melakukan pembayaran pendaftaran di Bank anda harus mengikuti semua prosedur lainnya seperti langsung mengikuti beberapa petunjuk lanjutan dibawah ini secara online untuk lebih jelas simak kelanjutan proses pendaftaran yang dimaksud keterangan lebih jelas berikut ini informasinnya melalui situs resmi UNSRI anda bisa juga melihat tata cara pendaftaran yang dimaksud berikut informasinya.


Tata Cara Pendaftaran Setelah Melakukan Pembayaran.
  • Setelah Anda melakukan pembayaran, Anda akan memperoleh PIN. Lalu kunjungi kembali alamat website http://www.usm.unsri.ac.id (dianjurkan menggunakan browser Mozilla Firefox), kemudian klik menu ”PENDAFTARAN CALON MAHASISWA BARU PASCASARJANA”, kemudian akan muncul halaman ”Login Pendaftaran Online Seleksi Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Sriwijaya Tahun ini”. Bacalah petunjuk yang tertera pada halaman tersebut dengan seksama. 
  • Ketikkan : a. Nomor Pembayaran/Tagihan, b. Nomor PIN yang Anda peroleh pada Langkah No. 10 pada kolom yang tersedia, dan c. Kode verifikasi dengan benar sesuai seperti yang terlihat pada halaman tersebut Ketikkan juga kode verifikasi dengan benar sesuai seperti yang terlihat pada halaman tersebut. 
  • Tekan/klik tombol ”Login”. 
  • Apabila Nomor Pembayaran. Nomor Identitas dan Kode Verifikasi diisi dengan benar, maka akan muncul formulir pendaftaran Seleksi Calon Mahasiswa Baru Pascasarjana Universitas Sriwijaya. 
  • Isilah komponen : a. Informasi Personal, b. Informasi Latar Belakang Pendidikan, c. Pengalaman Penelitian, d. Pengalaman Seminar/Lokakarya/Kegiatan Ilmiah, e. Pengalaman Menulis Karya Ilmiah/Buku, f. Kemampuan Bahasa Asing, dan g. Minat Disertasi” (Khusus untuk S3). 
  • Pilih dan isilah komponen “Program Studi” sesuai kelompok ujian Anda. 
  • Setelah mengisi seluruh komponen formulir pendaftaran, kirimlah formulir dengan mengklik tombol “SIMPAN” di bagian paling bawah. 
  • Setelah mengirim data isian formulir pendaftaran, akan muncul halaman download Kartu Tanda Bukti Pendaftaran. Download-lah file PDF Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dan simpan di komputer Anda. 
  • Bukalah file PDF Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dengan Adobe Reader, dan cetaklah menggunakan printer dengan resolusi minimal 300 dpi. 
  • Bubuhkan tanda tangan Anda pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran dalam kotak PERNYATAAN yang tersedia. 
  • Jika Anda kehilangan file Kartu Tanda Bukti Pendaftaran, Anda dapat men-download- nya kembali dengan melakukan login ulang. 
Untuk proses pendaftaran yang sudah dimaksud diatas maka sudah jelas bahwa pendaftaran untuk USM UNSRI sepenuhnya dilakukan secara online melalui situs resmi usm.unsri.ac.id sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan anda bisa mengikuti petunjuk pendaftaran diatas seperti yang telah dibahas, bagi yang masih bingung ingin memilih apa berikut ini admin akan memberikan beberapa daftar program studi yang tersedia untuk PPS UNSRI untuk lebih jelas langsung saja selengkapnya dibawah ini.



Jika ditarik sebuah kesimpulan UNSRI membuka jalur USM untuk 3 gelombang mulai dari semester genap gelombang sedangkan untuk semester ganjil gelombang jadi semua jalur masuk terbagi dalam beberapa bagian mulai dari awal sampai dengan akhir tahun, nah untuk lebih jelas admin akan memberikan beberapa tambahan jadwal pendaftaran USM secara lengkap dibawah ini sesuai dengan himbauan PPS UNSRI langsung saja simak selengkapnya.

Informasi yang telah anda lihat tadi dapat juga diakses melalui situs resmi pps.unsri.ac.id atau anda juga bisa mendownload beberapa informasi pendaftaran yang langsung kami kutip dalam bentuk pdf tujuannya adalah agar bisa memberikan petunjuk pendaftaran untuk keterangan dan ketetapan berikut ini informasi pendaftaran sekaligus panduan pendaftaran PPS UNSRI dibawah ini secara rinci dan jelas seperti dibawah ini selengkapnya simak link download panduan pendaftaran USM UNSRI S2 S3.

  • Petunjuk Pendaftaran Usm PPs Unsri TA. (Download) 
  • Panduan Pendaftaran Usm PPs Unsri TA. (Download) 
  • Daftar usm.unsri.ac.id
  •  
Dari beberapa informasi mengenai pendaftaran USM UNSRI khusus jenjang pendidikan S2 dan S3 dapat ditarik kesimpulan beberapa ketentuan yang dimaksud untuk pendaftaran akan dilaksanakan secara online, saat ini UNSRI sudah 100 persen menggunakan pendaftaran dan mekanisme secara online hal ini lebih memudahkan peserta calon mahasiswa baru agar bisa melakukan pendaftaran tanpa harus repot-repot untuk mendaftar jadi semua itu memang sudah menjadi sebuah keharusan untuk bisa dilakukan, semua memang ada sisi positif dan negatif dari mekanisme online.

Untuk informasi pendaftaran sampai disini dulu semoga apa yang telah diberikan bisa memberikan manfaat untuk informasi pendaftaran dan tata cara dapat anda akses juga melalui situs resmi atau link dibawah ini sesuai dengan yang telah ditetapkan, semoga apa yang sudah diberikan dapat membantu untuk melakukan pendaftaran demikianlah semoga bisa memberikana maaf sekali lagi terima kasih salam suskses untuk kita semua.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk