Pendaftaran Online UNY

UNY.ac.id - Pendaftaran Online UNY - Sebagai salah satu universitas negeri yang ada di Jogja. Pengembangan ilmu kajian pendidikan lebih ditekankan disini ada banyak jalur masuk yang dibuka oleh UNY dalam proses pendaftaran Secara Online melalui situs resmi di uny.ac.id kita dapat mengikuti seleksi masuk UNY. Ada beberapa jalur masuk yang kita bahas disini pertama jalur masuk nasional berbasis prestasi dilakukan oleh SNMPTN.

Kamudian Seleksi masuk Nasional dilakukan secara tertulis melalui jalur masuk SBMPTN. Sementara untuk jalur masuk mandiri juga sama Seleksi mandiri berbasi prestasi, selain itu ada jalur masuk mandiri ujian tulis. Masing-masing akan dibuka sesai jadwal yang telah dilakukan untuk SNMPTN dan SBMPTN akan dibuka secara Nasional. Sedangkan mandiri juga sama khusus jalur ini dilaksanakan bersama.



Maka dari itu kita akan membahas informasi pendaftara yang telah terangkum lengkap dibawah ini satu persatu melalu jalur-jalur ini anda bida mengikuti semua mekanisem pendaftaran Online UNY. Untuk melengkapi informasi yang telah kita bahas ada baiknya kita simak beberapa penjelasan dibawah ini seputara cara pendaftaran Online UNY.


1. Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY

Dalam usalan lebih sederhana jalur masuk ini bisa disimpulakan sebagai seleksi masuk yang dilakukan panitia kampus secara mandiri, melalui jalur ini diharapakan seleksi yang dilakukan efektif menentukan jalur masuk yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Seleksi Mandiri berbasi Prestasi dilaksanakan layaknya SNMPTN tetapi secara mandiri dengan sistem tes undangan berdasarkan prestasi anak selama disekolah anda juga dapat melakukan pendaftaran disitus yang telah disebutkan dibawah ini berikut pemaparan meliputi persyaratan,cara pendaftaran.

Persyaratan Pendaftaran Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY
  • Memilih program studi D3 atau S1 yang diminati. Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel Prodi Daya Tampung dan Animo.
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs PMB UNY http://pmb.uny.ac.id.
  • Melakukan login ke situs PMB UNY untuk mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah portofolio persyaratan sesuai jadwal.

Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi UNY 

Klik menu Ambil Nomor Pendaftaran untuk mengambil nomor pendaftaran Lakukan pembayaran di Bank Mandiri menggunakan nomor pendaftaran Klik Pengisian Formulir Pendaftaran :mengisi formulir pendaftaran, mengunggah portofolio persyaratan pendaftaran (Piagam Prestasi dll.), mengisi nilai raport dan UN, mengisi Data Sosial Ekonomi Cetak Kartu Peserta, pada kartu harus tercetak foto anda (tidak ditempel sendiri).


2. Seleksi Mandiri Ujian Tertulis

Seleksi ini dilakukan dengan menggunakan beberapa ketentuan seperti jalur tertulis melalui jalur masuk tidak hanya yang berprestasi saja yang bisa ikut seleksi tetapi yang tidak pun bisa mengikuti melalui situs resmi pendaftaran UNY anda dapat melakukan secara online untuk lebih jelasnya admin akan merangkum dalam beberapa persyaratan dan pendaftaran yang terangkum lengkap berikut ini.
  1. Memilih kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN sesuai dengan program studi D3 atau S1 yang diminati. Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel Prodi Daya Tampung dan Animo.
  2. Memilih dua program studi D3 atau S1 untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM dan memilih tiga program studi D3 atau S1 untuk Kelompok CAMPURAN. Untuk kelompok CAMPURAN, pilihan terdiri dari dua program studi kelompok SAINTEK dan satu program studi kelompok SOSHUM atau dua program studi kelompok SOSHUM dan satu program studi kelompok SAINTEK..
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000,00 untuk kelompok SAINTEK atau SOSHUM, dan Rp 200.000,00 untuk Kelompok CAMPURAN. Untuk prodi yang mensyaratkan ujian keterampilan, biaya pendaftaran ditambah biaya uji keterampilan sebesar Rp. 75.000,00 per prodi. Untuk prodi FIK ditambah dengan biaya tes kesehatan sebesar Rp. 50.000,00. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri. Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs PMB UNY http://pmb.uny.ac.id.
  4. Melakukan login ke situs PMB UNY untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai jadwal.
  5. Mengikuti tes tulis dan tes khusus (untuk prodi tertentu) sesuai jadwal. Materi tes tulis terdiri dari :
  • Kelompok SAINTEK meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPA (Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika).
  • Kelompok SOSHUM meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPS (Ekonomi, Sosiologi, Geografi, Sejarah dan Pend. Kewarganegaraan).
  • Kelompok CAMPURAN meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi IPA dan IPS. Materi tes khusus sesuai dengan spesifikasi prodi masing-masing dan untuk prodi di FIK ditambah tes kesehatan.

Cara Pendaftaran Seleski Masuk Mandiri Ujian Tertulis 

Klik menu Ambil Nomor Pendaftaran untuk mengambil nomor pendaftaran Lakukan pembayaran di Bank Mandiri menggunakan nomor pendaftaran Klik Pengisian Formulir Pendaftaran Cetak Kartu Peserta untuk mengikuti ujian, pada kartu harus tercetak foto anda (tidak ditempel sendiri).


3. Seleksi Masuk Nasional Berbasis Prestasi SNMPTN UNY 

Selain jalur mandiri calon mahasiswa juga bisa mengikuti jalur masuk Nasional berbasis prestasi dengan menggunakan tes undangan non tertulis. Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk melakukan pendaftaran jalur ini hanya bisa dilakukan oleh siswa/i yang berprestasi selama sekolah menengah atas dibuktikan dengan undangan. Nantinya usename dan pasword yang sudah didapat dari sekolah digunakan mendaftar online melalui situs resmi di snmptn.ac.id silahkan baca petunjuk pendaftaran.


4. Seleksi Masuk Nasional Tertulis SBMPTN UNY.

Kalalu jalur ini bisa dibilang dibuka bagi semua lulusan Sekolah menengah pertama. Melalui jalur ini diharapkan siswa yang tidak berpestasi dapat mengikuti tes sesuai dengan minat dna kemampuan serta harapan berkualiah di perguruan tinggi negeri indaman. Melalui jalur ini dilakukan dengan menggunakan sistem tertulis. Untuk melakukan pendaftaran dan beberapa ketentuan lain anda juga dapat mengakses cara pendaftaran online dan mekanisme yang bisa dilakukan melalui situs resmi di sbmptn.ac.id.


5. Seleksi Masuk Beasiswa Bidik Misi UNY.

Mungkin ada sebagian orang yang belum tahu ada jalur masuk beasiswa yang diperuntukan untuk bagi keluarga kurang mampu tetapi memilki prestasi baik selama sekolah. Untuk mewujudkan mimpi anak negeri yang tidak memiliki biaya melanjutkan sekolah. Melalui jalur masuk ini diharapakan siswa dapat mewujudkan cita-citanya. Jangan pikirkan masalah biaya yang penting daftar dulu karena setelah lulus anda bisa kuliah dengan biaya beasiswa yang diberikan pemerintah melalui program bidik misi diperuntukan bagi yang kurang mampau untuk mengikuti jalur ini ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan serta ikuti mekanisme pendaftaran melalui situs resmi di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Semoga informasi tadi dapat menamaha pengetahuan anda untuk dapat kuliah di UNY meski tidak ada biaya harapannya bisa mengikuti seleksi melalui jalur bidik misi. Ingat bahwa pendidikan adalah cara untuk meningkatkan nilai sosial dan menjadi pemutus rantai kemiskinan. Untuk pengumuman Hasil Tes PTN silahkan kunjungi situs resmi dilink yang telah disebutkan sebelumnya.