Pengumuman Hasil Seleksi Kelulusan SNMPTN.ac.id

SNMPTN.ac.id- Pengumuman Hasil Seleksi Kelulusan SNMPTN.ac.id - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah jalur seleksi Undangan bekerjasama dengan sekolah setempat. Pengumuman dilaksanakan melalui situs yang sama selain itu pendaftaran melalui satu portal.

Tetapi pada kesempatan kali ini admin tidak akan membahas mengenai pendaftaran karena sudah lama berlalu khusus edisi ini kita akan membahas mengenai Pengumuman situs resmi untuk mengakses pengumuman memang tidak ada masalah besar yang akan dihadapi asalkan mereka siap mengakses situs resmi yang dimaksud dan tidak terjadi kesalahan teknis atau kelebihan pengunjung dipastikan akan berjalan lancar. Untuk lebih lengkap simak Info Pendaftaran SNMPTN.



SNMPTN.ac.id
 

Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur masuk yang tersedia seperti yang kita bahas sebelumnya dengan mekanisme Undangan, jika boleh sedikit membagi pengalaman admin pada tahun 2010 lalu, SNMPTN masih menggunakan sistem ujian tertulis dan bisa dilakukan secara perseorangan, sampai menjeleng tahun 2013 akhirnya mekanisme yang selama ini dilakukan dalam seleksi SNMPTN dinilai tidak efektif.

Terbukti ada banyak sekali pelajar yang pintar selama sekolah ternyata tidak bisa lulus atau tidak lulus, bahkan tidak sedikit merasa siswa dibebani dua kali seperti UN dua kali, bahkan hasil UN tidak berdampak apapun dalam proses SNMPTN, sampai akhirnya awal tahun 2013 perubahan sistem SNMPTN dinilai tepat karena banyak sekali permasalahan yang dihadapi.

Dampak ini membawa hasil baik kepada para pelajar Indonesia yang bisa kembali ikut seleksi dan meneruskan kemampuan dari sekolah atas ke perguruan tinggi, dengan menggunakan sistem Undangan, banyak sekali siswa yang merasa diuntungkan terutama mereka yang memiliki latar belakang akademik lumayan, tetapi disisi lain hal ini menjadi bencana baru karena tidak lagi bisa dilakukan secara perseoranga.

Karena yang bisa ikut seleksi mereka yang direkomendasikan oleh sekolah saja selebihnya tidak bisa, tetapi tenang pada tahun yang sama pemerintah juga mengganti dan membuat sistem seleksi baru yaitu SBMPTN sebagai pengganti seleksi tertulis yang bisa didaftarkan secara mandiri, tidak hanya itu saja mereka peserta SNMPTN dapat mengikuti program Beasiswa yang ada.

Seperti Beasiswa yang diberikan DIKTI yaitu Bidik Misi diperuntukan bagi yang kurang mampu atau berasal dari keluarga kurang mampu dibuktikan dengan surat keterangan kurang mampu dari daerah setempat domisili, dan dibuktikan dengan penghasilan perbulan yang tidak mencukupi, nah mereka yang ingin kuliah bisa ikut jalur Bidik Misi dengan menggunakan seleksi SNMPTN jadi secara sederhana jalur ini bisa digunakan dalam dua sistem seleksi.

Tidak hanya Pendaftaran saja hal sama pada Pengumuman juga demikian untuk mengakses pengumuman dua jenis seleksi tersebut sama melalui situs ini  juga dengan kata lain ada dua seleksi yang bisa diikuti yaitu SNMPTN biasa yaitu seleksi undangan tidak beasiswa jadi bagi dinyatakan lulus hanya akan lulus SNMPTN saja, sedangkan yang kedua adalah SNMPTN Bidik Misi yaitu diperuntukan yang lulus SNMPTN dengan beasiswa.

Pertayaan sekarang adalah bagimana untuk mengecek pengumuman jalur tersebut, Tenang jangan terburu-buru admin akan bahas dan uraikan seperti biasa. Untuk cek Pengumuman Beasiswa Bidik Misi SNMPTN anda harus mengakses situs 1. Bidikmisi.dikti.go.id atau bisa juga melalui 2. SNMPTN.ac.id sedangkan untuk jalur seleksi SNMPTN biasa bisa langsung akses situs yang nomor 2.

Caranya cukup mudah anda akan menemukan beberapa tempat cek Pengumuman seperti yang akan admin berikan contohnya, nanti kemudian jika sudah anda akan diminta memasukan "Nomor Peserta SNMPTN" atau "Nomor Peserta Bidik Misi SNMPTN" kemudian dibawahnya ada masukan "Tanggal Lahir" jika sudah selesai tinggal klik "Lihat Hasil" selengkapnya seperti ini :


Pengumuman Hasil Seleksi SNMPTN dan Bidik Misi SNMPTN.


Masukkan no. peserta SNMPTN
(10 digit, tercantum di Kartu Tanda Peserta)
:
Masukkan tanggal lahir peserta SNMPTN
(DD - MM - YYYY)
:
 

Jika sudah selesai tinggal tunggu ada dua kemungkinan yang akan keluar, Lulus atau Tidak nah admin juga akan memberikan beberapa contohnya keterangan lengkapnya melalui postingan ini akan kita bahas setelah anda mengakses dan klik ""Liha Hasil" nanti akan muncul dua keterangan pertama bertulisakan warna Hijau dan kedua bertuliskan warna merah simak selengkapnya seperti dibawah ini.


1. Lulus SNMPTN.

Anda akan menemukan keterangan berisi tulisan data siswa pendaftar meliputi Nomor Pendaftaran, Nama Siswa, NISN Siswa, Asal Sekolah "Selamat Anda Dinyatakan Lulus SNMPTN" Program Studi dimana anda diterima pada SNMPTN adalah : "PTN Pendaftar" dan "Program Studi dan tertera Foto anda sewaktu Mendaftar. Lihat pada gambar "Lulus SNMPTN" untuk lebih jelas.


 2. Tidak Lulus SNMPTN.

Nah untuk yang nomor dua ini kalau bisa jangan sampai menimpa anda tetapi jika memang kurang beruntung anda harus siap secara fisik dan mental pada tahap ini setelah anda mengklik "Lihat Hasil" akan muncuk keterangan dengan tulisan berwarna merah seperti  "Nomor Peserta, Nama Siswa, NISN Siswa, Asal Sekolah" ada keterangan "Anda Dinyatakan Tidak Lulus Seleksi SNMPTN". Lihat pada gambar "TIdak Lulus SNMPTN" 
Kalau bisa yang dua amit-amit jangan sampai terjadi ya, tetapi meski begitu anda harus siap untuk menerima setiap keputusan yang ada, karena Lulus atau Tidak bukan pilihan tetapi hanya final dari usaha yang anda lakukan mau tidak mau, atau siap tidak siap semua harus diterima dengan lapang dada, toh setelah diumumkan tidak ada yang bisa dilakukan kecuali "Bersyukur" atau "Bersabar".

Dalam mengakses pengumuman jangan terkejut jika anda menjumpai permasalahan seperti situs resmi error atau situs tidak bisa diakses total, bisa jadi lemot loading hal ini dikarenakan pada saat pendaftaran dilaksanakan ada banyak sekali peserta yang mengakses situs akibatnya web tidak bisa menampung pengunjung yang online dan menyebabkan situs akan lumpuh. Tetapi hal ini biasa terjadi dan bersifat sementara dalam waktu beberapa jam kedepan situs akan kembali normal.

Hanya saja butuh beberapa jam untuk memulihkan sampai bisa diakses, setalah anda dinyatakan lulus tahap selanjutnya adalah melakukan pendaftaran ulang dan melengkapi formulir yang tertera pada situs, kemudian lengkapi semua berkas yang dilampirkan, nantinya akan anda akan menyerahkan seluruh berkas setelah pengisian pendaftaran ulang online dan membawa ke BAAK atau gedung rektorat kampus tempat anda lulus.

Ini merupakan proses registrasi, jika sudah selesai anda akan diberitahukan kapan dan apa saja hal yang harus disiapkan oleh kampus anda setelah registrasi ulang SNMPTN, setelah itu anda akan mengikuti OSPEK Mahasiswa Baru dan resmi menjadi Mahasiswa lulusan SNMPTN tempat anda mendaftar, dan admin ucapkan selamat kepada yang telah lulus kemudian untuk yang tidak lulus harus bersabar bisa coba lagi tahun depan atau ikut seleksi lain seperti SBMPTN terima kasih.

Dari beberapa informasi diatas dapat disimpulkan situs resmi SNMPTN dapat digunakan untuk Mendaftar dan Mengakses Pengumuman serta daftar ulang bagi yang lulus kemudian untuk tahapan selanjutnya pengumuman yang jadi prioritas untuk mengakses pengumuman silahkan ikuti petunjuk yang sudah dibahas diatas secara lengkap selanjutnya ya ada dua kemungkinan yang tidak bisa dipilih Lulus atau tidak.

Itulah kehidupan ada cobaan ada juga sebuah hadiah dari usaha kerja keras yang dilakukan, semua akan menentukan tetapi yakinlah semua keputusan yang diberikan "Tuhan" adalah terbaik untuk anda. Meski kadang terasa tidak baik untuk kita yang menjalani, semua pasti ada hikmahnya, kalau mau belajar dari admin dulu sewaktu jaman kuliah admin pernah ikut seleksi SNMPTN, akhirnya tidak lulus, SBMPTN sama tidak lulus sampai pada Seleksi Mandiri PTN akhirnya Lulus dengan nilai pas.

Terbukti dari 70 Mahasiswa yang diterima admin hanya nomor 69 tetapi itu tidak menyurutkan semangat belajar sampai tiba waktu lulus kuliah dengan Cum Laude IPK nomor 4 terbaik di program studi yang dipilih jadi jangan menyerah karena gagal ya sahabat semau akan indah pada waktunya sekali lagi admin doakan semoga lulus SNMPTN sesuai yang diharapkan terima kasih.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk