Penerimaan SBMPTN.ac.id

SBMPTN.ac.id - Penerimaan SBMPTN.ac.id - Info untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri sudah akan dilaksanakan seperti biasa pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan hal apa saja yang bisa dilakukan melalui situs resmi SBMPTN.ac.id.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu jalur masuk yang dilaksanakan dalam skala Nasional dan diadakan secara tertulis, selain itu setiap tahun hitung mundur akan dilakukan menjelang pendaftaran SBMPTN.ac.id hal ini dikarenakan menjadi salah satu alasan untuk bisa daftar dan kuliah Perguruan Tinggi Negeri.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas dan kembali menyempurnakan informasi mengenai beberapa informasi SBMPTN baik dari mulai Pendaftaran sampai dengan Pengumuman, setalah situs resmi pendaftaran dibuka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari mulai pembayaran sampai dengan langkah-langkah pendaftaran sampai dengan selesai.




Saat ini situs resmi pendaftaran akan segera dibuka dan dilaksanakan melalui beberapa sumber terutama untuk mereka yang baru mengakses situs resmi Pendaftaran melalui SBMPTN.ac.id kemudian ikuti prosedur pendafaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai beberapa fungsi dari Pendaftaran situs SBMPTN untuk lebih jelas silahkan cek dibawah ini.

Manfaat situs resmi SBMPTN.ac.id dapat digunakan sebagai salah satu situs pendaftaran SBMPTN yaitu caranya cukup mudah tinggal mengikuti beberapa cara seperti yang tertera pada situs dibawah ini jadi untuk mengakses silahkan ikuti pendaftaran seperti dibawah ini dikutip dari situs pendaftaran SBMPTN berikut informasinya.

Sebelum melanjutkan kepada info lainya admin akan sedikit menguraikan mengenai pendaftaran Online dan apa saja persyaratan yang harus dipersiapakan untuk mendaftar jadi sebelum anda mengikuti semua proses simak mengenai ketentuan umum dan ketentuan khusus SBMPTN dibawah ini berikut kabar dan penjelasan secara lengkap singkat jelas.


Persyaatan Umum SBMPTN.

SBMPTN adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil Ujian Tertulis  atau kombinasi hasil Ujian Tertulis dan Ujian Keterampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

 Persyaratan Pendaftaran Khusus SBMPTN.
  • Bagi siswa lulusan tahun ini dan 2 tahun sebelumnya  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun ini telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Penerimaa Lulus Pendidikan Menengah,  lulus SBMPTN, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


1. Pendaftaran Online SBMPTN.

SBMPTN adalah jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara Nasional dengan menggunakan sistem Ujian Tertulis untuk proses Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman Pendaftaran.sbmptn.ac.id.  jika anda masih bingung silahkan link pada situs untuk mengikuti setiap proses pendaftaran.


2. Melengkapi Formulir Pendaftaran SBMPTN.

Untuk mengikuti Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id.  Silahkan ikuti semua prosedur pendaftaran yang sudah admin tulis kemudian anda tinggal lakukan satu persatu proses sampai dengan selesai.

Pendaftaran online dibuka sampai dengan. Sesuai dengan waktu yang telah ditetap dari masing-masing jalur masuk untuk mengikuti semua proses pendaftaran tidak begitu sulit dilakukan karena semua berkas akan dilampirkan setelah semua proses pendaftaran selesai.

Bagi anda yang ikut jalur seleksi Beasiswa Bidik Misi SBMPTN silahkan ikuti tata cara pendaftaran melalui situs resmi Pendaftaran selain dari pada itu semua proses akan berlaku sama seperti kebanyakan informasi yang diberikan, untuk lebih jelasnya simak selengkapnya dibawah ini, melalui situs resmi pendaftaran berikut informasinya.

Tata Cara Pelamar Beasiswa Bidik Misi SBMPTN.
  1. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  2. Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak diterima melalui SNMPTN, dapat menggunakan KAP dan PIN yang dimiliki untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi.
  5. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus melalui SNMPTN dan berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
  6.  
Selain itu admin akan memberikan jadwal lengkap mengenai SBMPTN jadi bagi anda yang mengikuti semua prosedur pendaftaran harap memperhatikan terlebih dahulu mengenai jadwal yang pelaksanaan mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman.

Untuk jumlah biaya pendaftaran besaran biaya 100 rb yang akan ditanggung oleh Individu jadi bagi anda yang ingin mengikuti semua prosedur pendaftaran anda juga harus menyetorkan ke Bank BNI atau Mandiri serta membawa bukti pembayaran untuk bisa melakukan proses pendaftaran Online jadi bagi, janga lupa struk pembayaran disimpan.

Dari beberapa informasi yang bisa anda lihat diatas dapat disimpulkan bahwa pendaftaran akan dilaksanakan melalui situs resmi Online selanjutnya mengikuti prosedur pendaftaran sampai dengan selesai, jika anda masih bingung dengan cara yang admin berikan silahkan baca Tata Cara Pendaftaran Online SBMPTN lalu persiapkan persyaratan yang sudah admin sebutkan diatas.

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua terutama bagi anda yang ingin ikut pendaftaran SBMPTN sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, admin doakan semoga lulus SBMPTN sesuai yang diharapakan jangan lupa untuk update informasi lainnya seputar SBMPTN hanya disini terima kasih salam sukses.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk