Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Terbaru

Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id- Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Terbaru - Setelah beberapa kali melakukan evaluasi ada beberapa hal yang bisa kita ambil pelajaran terkait dengan Beasiswa yang saat ini tengah digandrungi oleh pelajar Indonesia.

Dari sinilah mereka yang kurang mampu dapat melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi tanpa mengeluarkan biaya paling uang pendaftaran untuk seleksi saja, Bidik Misi menurut data tahun ini saja mengalami penurunan peminat hal ini dikarenakan ketidak tahuan mengenai beasiswa bidik misi akibat kurangnnya informasi, terlebih melalui online tidak cukup jelas mengambarkan bagaimana mekanisme pendaftaran beasiswa ini.

Bisa dibilang untuk informasi masih agak tertutup tidak terlalu disebar luaskan, paling yang diketahui hanya beberapa saja diantaranya seperti Beasiswa Bidik Misi yang hanya diberikan melalui perguruan tinggi negeri, padahal ini bukan satu-satunya beasiswa yang bisa diterima ada banyak jalur lain, tentu bekerjasama dengan badan lainnya seperti perguruan tingggi swasta dan sebagainnya.


Mekanisme Pendaftaran dan Persyaratan Bidik Misi


Hal ini dikarenakan sosialisasi untuk beasiswa bidik misi hanya bersifat perwakilan saja sebagai contoh disuatu daerah sebut saja kabupaten yang menyelenggaran beasiswa bidik misi disalah satu sekolah ternama yang ada di Kabupaten tersebut sementara untuk yang ada dipelosok desa tidak mendapatkan sosialisasi, selain itu sosialisasi hanya dilakukan di perguruan tinggi negeri saja padahal untuk swasta juga ada beasiswa ini.

Masih banyak lagi permasalahan yang menyebabkan pelajar tidak mendapatkan informasi beasiswa bidik misi karena minim informasi, maka dari itu admin tidak akan terus memberikan informasi mengenai beasiswa bidik misi sekaligus membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program dari pemerintah pusat, sayang kan kalau sampai tidak mendaftar padahal peluang untuk jalur ini sangat berbuka.

Apalagi besiswa yang diberikan bersifat 100 persen dan akan ditransfer melalui rekening bank yang anda miliki saat ini pemerintah menginginkan beasiswa bidik misi yang diberikan langsung masuk ketangan mahasiswa yang bersangkuta. Kebingungan mengenai pendaftaran dan mekanisme pendaftaran memang menjadi permasalahan yang sering terjadi.

Sebenarnya jika dibagi ada beberapa cara pendaftaran yang sudah admin bahas sebelumnya tetapi pembaca juga banyak yang protes dan memberikan saran agar panduan pendaftaran bidik misi yang diberikan lebih disederhanakan lagi, maka dari itu admin sekali lagi akan menguraikan secara keseluruahan mengenai beasiswa Bidik Misi yang bisa anda ikuti.

Secara umum beasiswa bidik misi memiliki dua bentuk perseorangan dan melalui sekolah nah seperti apa dan bagaimana mekanisme yang bisa dilakukan untuk mendaftar dua bentuk beasiswa bidik misi, jangan sampai salah mengartikan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi anda harus melakukan beberapa pendaftaran seperti yang tertera pada situs resmi langkah awal adalah silahkan akses situs resmi bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian Selanjutnya akan diuraikan secara jelas melalui dibawah ini secara sederhana jika anda tidak ingin ribet membaca cara sebelumnya anda bisa mengikuti cara ini.


1. Beasiswa Bidik Misi Rekomendasi Sekolah.

Tentu anda sudah pernah mendengar atau melihat entah itu kakak kelas atau saudara dan teman anda mungkin yang mendapatkan beasiswa bidik misi ini, beasiswa bidik misi ini direkomendasikan melalui sekolah dengan kata lain sekolah yang memilih siapa yang berhak menerima, nah kalau melalui sekolah anda akan terima bersih jadi pihak sekolah akan langsung memberikan kartu peserta beasiswa bidik misi ini tidak repot dilakukan hanya saja tidak semua beruntung direkomendasikan paling hanya beberapa saja.


2. Beasiswa Bidik Misi Perseorangan Manual.

Bukan berarti mereka yang tidak mendapatkan rekomendasi dari sekolah tidak bisa mendaftar bidik misi, pemerintah juga memberikan pelaung bagi mereka yang ingin kuliah atau seleksi bidik misi khusus perseorangan dengan kata lain ini bisa dilakukan oleh mereka yang tidak mendapatkan rekomendasi bahkan untuk satu ini semua pelajar bisa ikut seleksi.

Bagaiman Caranya ? pasti itu yang terlintas dalam benak anda untuk beasiswa bidik misi dari rekomendasi sekolah admin kira tidak ada masalah yang dihadapi karena semua berkas sudah disi oleh sekolah, tetapi bagi mereka yang mengajukan beasiswa bidik misi secara perseorangan jika anda masih bingung dengan mekanismenya anda bisa mengklik panduan Pendaftaran Manual Beasiswa Bidik Misi.Kemudian Ikuti langkah sederhana dan jika bingung paca panduan manual yang ada. Berikut cara singkat akan diuraikan bawah ini.


Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi.

1. Buka situs resmi bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih siswa/alumni setelah itu login.
2. Jika anda belum memiliki akun silahkan klik belum punya akun dan buat melalui bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. jangan lupa saat ini untuk membuat akun diperlukan nomor rekening atas nama anda.
3. Selanjutnya jika sudah masuk ada beberapa panel yang harus diisi satu persatu seperti Panel Biodata, Data Prestasi, Data Keluarga, Kondisi Rumah, Aset Keluarga, Kondisi Ekonomi. Semua itu harus diisi secara keseluruhan dengan cerman dan jangan sampai dikosongkan.
4. Proses pendaftaran akan selesai pada saat semua formulir telah terisi dan sampai tahap anda harus memilih jalur seleksi yang ada setidaknya ada Lima Jalur Seleksi yang siap diikuti untuk itu simak uraiannya dibawah ini agar anda tidak bingung dalam memilih seleksi.


Seleksi Beasiswa Bidik Misi.

Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SBMPTN.

Nah bagi yang masih mengikuti prosedur pendaftaran sebelum mencetak kartu anda akan menemukan banyak pilihan untuk jalur seleksi diantanyanya adalah SBMPTN jika anda memilih jalur ini silahkan isi panel ini kemudian setelah semua selesai anda juga harus kembali mendaftar melalui situs resmi Pendaftaran.SBMPTN.ac.id untuk validasi Bidik Misi jika sudah selesai anda tinggal menggu jadwal tes tertulis sesuai jadwal seleksi.


Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi SNMPTN.

Bagi yang sudah diusulkan oleh pihak sekolah melalui jalur Bidik Misi SNMPTN ini anda tinggal melakukan pendaftaran melalui situs resmi web.snmptn.ac.id segera lakukan pendaftaran dan yang terpenting isi validasi Bidik Misi yang ada dalam form pendaftaran SNMPTN yang harus diingan untuk satu ini tidak bisa diusulkan secara mandiri harus melalui rekomendasi sekolah.


Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi PTN.

Untuk anda yang tidak lulus jalur sebelumnya atau tidak mengikuti seleksi jalur Nasional anda masih bisa mendapatkan beasiswa bidik misi di PTN yang anda inginkan jadi anda ikuti seleksi Mandiri yang dilakukan oleh kampus dengan sistem pendaftaran memilih PTN Terbaik yang diinginkan saat mendaftar tahap awal tadi kemudian tinggal tunggu kapan pelaksaan seleksi dilakukan.


Jalur Seleksi Beasiswa Bidik Misi PTS.

Tidak hanya perguruan tinggi negeri saja yang menyediakan bidik misi ada banyak perguruan tinggi swasta yang menyiapkan beragam beasisw Bidik Misi, meski tidak semua anda bisa mengikuti bidik misi pada PTS yang sudah memiliki kerjasama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan beasiswa bidik misi tinggal klik saja panel dan tunggu seleksi dilaksanakan.


Jalur Seleksi Beasiswa UMPT.

Nah untuk ini hampir sama hanya saja ada beberapa ketentuan diantarnya direkomendasikan oleh salah satu lembaga terkait agar bisa mendapatkan beasiwa bidik misi yang dinginkan jika anda ingin mengikuti seleksi ini anda harus membaca ketentuan yang berlaku dalam proses seleksi ini melalui situs resmi pendaftaran jangan sampai salah dalam proses pendaftaran beasiswab bidik misi UMPT.

5. Jika semua berkas sudah diisi anda akan diminta mencentang ceklist yang berisi mentaati semua syarat dan ketentuan yang berlaku kemudian klik simpan.
6. Barulah tahap terkahir adalah Cetak Kartu Peserta Beasiswa Bidik Misi, Kemudian Cetak Data Pribadi Besiswa Bidik Misi dan sesuaikan ukuran foto jika belum bisa disimpan.

Semua berkas akan tercetak dan di print out nantinya ada beberapa ketentuan seperti PIN dan KAP yang ada pada kartu peserta hal itu digunakan untuk kompirmasi pendaftaran melalui masing-masing jalur yang dipilih setidaknya ada lima jalur seleksi besiswwa bidik misi yang bisa anda ikuti untuk melancarkan proses beasiswa bidik misi anda juga harus melakukan pendaftaran pada jalur anda pilih.

Nantinya pada saat tes anda membawa dua berkas yang satu berkas jalur seleksi dipilih dan satunya berkas beasiswa bidik misi jadi proses ini akan panjang tidak hanya mendaftaran melalui situs resmi bidik misi anda juga harus mendaftar pada jalur seleksi yang sudah dipilih. Bagaiman sudah jelas bukan admin kira info yang diberikan sudah cukup jelas.

Untuk melihat informasi seputar Persyaratan dapat dilihat pada Syarat Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi. Dari beberapa info seputar pendaftaran diatas dapat disimpulkan bahwa pendaftaran beasiswa bidik misi bisa dilakukan dalam satu portal saja selanjutnya pilih seleksi yang anda akan ikuti melengkapi persyaratan serta mendaftar kembali pada seleksi yang dipilih jika sudah selesai tinggal tunggu jadwal tes.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran beasiswa bidik misi semoga bisa memberikan manfaat terlebih untuk Seleksi anda harus membaca ketentuan dari kampus tempat anda mendaftar ada sebagain yang bisa diajukan secara persorangan dan ada juga yang harus rekomendasi sekolah untuk pelajar tahun 2013, 2014 dan 2015 masih bisa mendaftar beasiswa bidik misi segera ikuti prosedur pendaftaran Beasiswa Bidik Misi sebelum tutup terima kasih semoga anda lulus sesuai yang diharapkan amin.

Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk