Form Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi

Bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id- Form Pendaftaran Online Beasiswa Bidik Misi - Sampai saat ini 100 persen pelajar yang suduh lulus maupun belum lulus ingin mengikuti seleksi Beasiswa Bidik Misi. Tetapi ada Masalah yaitu tidak mengerti dan bingung cara mendaftar Beasiswa Bidik Misi.

Selama enam bulan terkahir admin melakukan riset mengenai informasi bidik misi ternyata mengejutkan hampir 70 persen menurut data Populer.web.id pelajar yang merasa kebingungan bahkan untuk mendaftar saja hanya tahu situs resmi aja selebihnya tidak tahu lagi. Memang Pendaftaran Bidik Misi terbilang cukup rumit karena harus mengentri data beberapa kali jadi bagi anda yang ingin mendaftar bidik misi bisa mengikuti mekanisme berikut ini.

Jika mencari kata kunci Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi banyak sekali yang muncul termasuk situs utama Bidik Misi, tetapi informasi yang diberikan bersifat sepotong dan tidak menyeluruh jadi hal ini menambah kebingungan pelajar dalam mengajukan beasiswa Bidik Misi. Satu lagi banyak sekali pelajar yang menanyakan soal bagaimana mekanisme pendaftaran "apakah saya lulusan tahun lalu bisa tetap ikut bidik misi atau tidak ?".

Admin akan menjawab hal tersebut, menurut KemenristekDikti bahwa beasiswa bidik misi bisa diikuti oleh lulusan Mengenah Atas dengan jenjang waktu tiga tahun terkhir dengan kata lain kalau tahun ini berarti lulusan saat ini satu tahun sebelumnya masih bisa ikut seleksi, tetapi bagaimana cara mendaftarnya Bingung terus: "Kalau ngak sekolah lagi apakah bisa mendaftarBidik Misi?".

Tentu masih bisa menurut panitia seleksi menegaskan hal ini akan berlaku tahun ini jadi bagi yang mau mendaftar jangan kwatir masih bisa, jika hal ini sudah terjawab pertanyaan belum berakhir seperti "Bagaimana Kalau kami tidak direkomendasikan oleh sekolah apakah masih tetap bisa mendaftar?".

Ya jawabnya masih bisa tetapi akan admin uraikan secara keseluruhan sekaligus menjawab kebingungan adik-adik sekalian seputar pendaftaran Bidik Misi jangan sampai karena ketidak tahuan anda melewatkan beasiswa yang sangat luar biasa ini, karena saat ini pemerintah tengah memprioritaskan program ini untuk mereka yang kurang mampu agar bisa kuliah ke perguruan tinggi.
Ternyata setelah diamati ada beberapa metode yang bisa dilakukan dalam proses pendaftaran secara umum mekanisme pendaftaran online beasiswa bidik misi dapat dilakukan dengan dua cara, perseorangan atau individu ataupun melalui sekolah bagaimana cara mengajukannya nah admin akan berikan secara terperinci dibawah ini mengenai mekanisme pendaftaran berikut informasinya.


1. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Rekomendasi Sekolah.

Selama ini banyak kita dengar mengenai mekanisme pendaftaran bidik misi melalui sekolah, untuk proses satu ini hal yang harus dilakukan adalah pihak sekolah atau kepala sekolah mendaftarkan sekolah yang belum terdaftar di Beasiswa Bidik Misi kemudian merekomendasikan pelajar yang berprestasi berdasarkan potensi yang dimiliki. Biasanya Siswa akan terima bersih sudah menerima PIN atau KAB untuk mendaftar melalui jalur yang tersedia dan tidak bisa diajukan secara perseorangan. 


2. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Manual Perseorangan.

Nah selama ini beasiswa bidik misi yang kita tahu hanya bisa dilakukan melalui rekomendasi sekolah, ternyata tidak bagi siswa yang tidak diajukan oleh sekolah masih bisa mendaftar dan mengajukan permohonan secara perseorangan dengan kata lain bisa dilakukan sendiri atau Manual, proses ini jarang diketahui oleh pelajar mereka menganggap bahwa bidik misi hanya diberikan melalui sekolah bagi yang direkomendasikan, pada kenyataannya tidak seperti ini. Siswa atau pelajar bisa melakukan pendaftaran dengan membuat akun dan mengajukan permohonan beasiswa bidik misi dengan menyertakan beberapa persyaratan secara mandiri.

Untuk mekanisme pendaftaranya bagaimana ? baiklah admin akan berikan beberapa cara dan mekanisme pendaftaran bidik misi tahun ini yang bisa dilakukan baik kepala sekolah maupun manual siswa untuk itu anda harus membaca dengan cermat jangan sampai sekali lewat membaca sampai pada akhir bertanya padahal sudah ada dalam pembahasan jadi ikuti proses pendaftaran dibawah ini.


1. Logi Akun Beasiswa Bidik Misi.

Anda harus login melalui situs resmi Bidikmisi.Dikti.go.id kemudian pilih Siswa/Alumni, jika anda belum mempunyai login masuk, jika anda belum pernah mendaftar klik belum mendaftar tetapi bagi yang sudah silahkan gunakan no pendaftaran dan kode akses untuk login klik masuk. Saat ini pembuatan akun bidik misi harus mencantumkan nomor rekening tujuannya untuk menghindari pemalsuan data selain itu nomor rekening yang digunakan mendaftar untuk pencairan dana beasiswa yang didapat oleh bersangkut dan harus milik anda bukan orang lain. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Pengisian Biodata

Langkah selanjutnya anda akan menemukan beberapa panel pendaftaran seperti, 1. Biodata Biodata pribadi siswa 2. Data Prestasi Daftar prestasi yang telah dicapai oleh siswa selama sekolah 3. Data Keluarga Berisi mengenai daftar dan status keluarga siswa 4. Kondisi Rumah Data mengenai kondisi rumah yang ditempati 5. Aset Keluarga Data mengenai aset yang dimiliki oleh keluarga 6. Kondisi Ekonomi Data mengenai kondisi ekonomi orang tua 7. Rencana Hidup Rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan yang harus diisi dengan lengkap untuk mendapatkan beasiswa. Lihat pada gambar.

3. Pengisian Form Biodata

Pada Form Biodata anda harus mengisi secara lengkap seperti NISN, NIS, Jenis Kelamin, Agama dan data diri lainnya, admin rasa untuk satu ini tidak ada kesulitan dalam proses pengisian yang harus diperhatikan adalah semua pengisian biodata harus sesuai dengan data diri anda selama sekolah. Untuk lebih jelas lihat pada gambar.


4. Unggah Foto Biodata.

Untuk proses ini jika pengisian biodata sudah selesai tahap ini adalah proses pengiriman tetapi sebelum selesai anda harus mengupload foto resmi ukuran 400x600 pixel total 300kb tidak boleh melebihi ukuran tersebut lalu simpan, jangan sampai salah unggah foto entah yang dimasukan malah foto kucing hehe. Lihat pada gambar.


5. Data Prestasi Sekolah.

Selanjutnya Isi Formulir mengenai Akademik dan Prestasi nantinya anda akan diminta memasukan kuisioner mengenai prestasi akademik, untuk pertama silahkan klik tambah pada kanan kemudian masukan sesuai dengan format jika sudah selesai anda akan melihat seperti pada gambar.


6. Pengisian Form Bukti Prestasi.

Lanjut Untuk langkah ini anda akan dituntun untuk mengikuti prosedur pengisian sertifikat bukti prestasi, sebelum mengupload anda harus menscan terlebih dahulu sertifikat format tidak melebihi ukuran 300kb maksimal anda akan menemukan form seperti pada gambar dibawah ini.


7. Pengisian Data Keluarga.

Nah kalau yang ini anda akan dihadapkan dengan data diri keluarga seperti orang tua Ayah dan Ibu anda dalam pengisian ini mungkin anda perlu kartu keluarga agar tidak salah mengisi, secara detail anda harus mengisi satu persatu form yang tersedia mendreskripsikan mengenai keluarga untuk lebih jelas anda dapat melihat dibawah ini.


8. Pengisian Form Data Keluarga.

Setelah selesai anda akan mengklik kirim nantinya akan ada satu kolom kanan nantinya akan ada keterang bergaris merah keterangan untuk mengupload foto keluarga, ketentuan hampir sama ada batas maksimal foto tidak boleh terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil 300kb. Untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


9. Pengisian Panel Kondisi Rumah.

Jika proses diatas sudah selesai dan akan melanjutkan pada pengisian berikutnya saat anda mengklik panel kondisi rumah anda akan diminta mengisi formulir yang mendeskripsikan rumah anda dari mulai bentuk, jenis bangunan, listrik pengairan dan kepemilikan serta lainnya untuk lebih rinci anda bisa melihat gambar dibawah ini.


10. Pengisian Foto Rumah.

Anda akan diminta untuk memfoto rumah anda kemudian setelah dikirm dikanan sama akan ada tempat upload foto jadi untuk resolusi masih sama 300 kb disesuaikan, yang menjadi catatan adalah foto harus rumah anda jangan sampai rumah tetnagga, lihat pada gambar.

11. Pengisian Kepemilikan Aset Keluarga.

Pada panel ini akan ditunjukan kepada anda bagimana cara mengisi kepemilikan aset yang dimiliki keluarga, utuh dengan kata lain yang masih menjadi tanggungan orang tua jika sudah rumah sendiri berarti bukan aset keluarga lagi, dalam hal ini anda harus mencantumkan seluruh aset keluarga dalam formulir yang dimiliki saja dengan mencantukan harga pembelian dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar.


12. Pengisian Panel Ekonomi Keluarga.

Untuk satu ini adalah tahap menjelang akhir pendaftaran nantinya pada proses pengisian berkas melalui online ini anda akan dihadapakan dengan berbagai macam formulir yang diisi meluputi pekerjaan orang tua baik Ayah maupun Ibu serta besaran penghasilan dituliskan secara terperinci termasuk hutang piutang keluarga. Untuk lebih jelas lihat contoh formulir pada gambar.


13. Pengisian Foto SKTM dari Kepala Desa atau pemerintah setempat.

SKTM adalah singkatan dari surat keterangan tanda miskin dari kecamatan kemudian prosedur pengisian masih pada panel Ekonomi berada disebelah kanan anda harus menscan berkas dan mengatur ukuran seperti yang sudah-sudah kemudian kirim berkas jika semua sudah dikirim maka berkas tidak akan bisa dirubah kembali jika belum punya silahkan buat di aparat desa setempat bilang saja untuk kuliah. Untuk lebih jelas lihat pada gambar dibawah ini.


14. Pengisian Rencana Hidup dan Tinggal selama kuliah.

Nantinya anda akan diminta untuk mengisi beberapa berkas mengenai rencana masih dalam proses pendaftaran bidik misi, anda akan memperincikan biaya hidup, tinggal, transportasi harian dan beberapa kebutuhan lain sesuai yang diminta jadi jangan sampai salah dan harus jujur dalam mengisi. Untuk lebih jelas silahkan lihat pada gambar dibawah ini.


15. Pemilihan Bentuk Seleksi.

Untuk satu ini tahap seleksi dimana jika anda sudah mengisi semua formulir selesai diisi maka tahap terakhir adalah anda diminta untuk menconteng ketentuan atas persetuan mengenai data yang dibuat bahwa benar. Jika terdapat pemalsuan data resiko akan ditanggung sesuai dengan undang-undangan yang berlaku dalam proses ini anda akan diminta untuk memilih seleksi yang diikuti berikut dibawah ini mengenai daftar seleksi yang bida diikuti serta pembahasannya. Lihat pada gambar untuk lebih jelas.


Anda bisa mengikuti seleksi sesuai dengan jalur yang anda pilih sekaligus untuk bidik misi proses ini meliputi beberapa pemilihan jalur masuk yang tersedia, yang harus menjadi perhatian adalah anda harus mengecek terlebih dahulu apakah seleksi yang ada sudah dibuka atau belum jika belum disinilah anda tidak bisa mendaftar. Admin akan membahas satu persatu cara mengikuti seleksinya.


16. Jenis Seleksi Beasiswa Bidik Misi.

Beasiswa Bidik Misi Seleksi SBMPTN.

SBMPTN adalah jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang dilakukan secara tertulis berskala nasional biasanya seleksi ini dilakukan setelah SNMPTN selesai untuk jalur ini bisa diikuti secara mandiri atau peseorangan. Bagi anda yang ingin seleksi beasiswa bidik misi sbmptn tinggal memilih jalur ini pada panel kemudian isi seusai dengan yang diminta jika sudah selesai anda bisa melanjutkan pendaftaran melalui situs pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mengkompirmasi validasi pendaftaran dan pembelian PIN dan KAP.


Beasiswa Bidik Misi Seleksi SNMPTN.

 SNMPTN adalah jalur nasional yang diadakan melalui seleksi undangan beda jalur ini dengan jalur sebelumnya adalah satu ini tidak bisa diusulkan secara mandiri, hal ini dikarenakan ketetapan pemerintah mengenai jalur SNMPTN sudah berubah untuk mendaftar anda harus direkomendasikan oleh pihak sekolah sedangkan untuk bidik misi anda cukup memilih panel Beasiswa Bidik Misi SNMPTN kemudian jika sudah seleksai anda bisa mengikuti pendaftaran dan pengisian data melalui situs web.snmptn.ac.id kemudian jangan lupa untuk mengisi validasi SNMPTN dan memasukan nomor PIN yang sudah didadapat dari pendaftaran bidik misi sbeelumnya.


Beasiswa Bidik Misi Seleksi Mandiri PTN.

Seleksi Mandiri PTN adalah seleksi yang dilakukan secara mandiri oleh pihak kampus, nah ada banyak perguruan tinggi negeri yang membuka jalur ini untuk beasiswa bidik misi bahkan hampir semua PTN yang ada anda cukup memilih seleksi PTN yang dinginkan seperti PMB salah satu PTN kemudian mengisi kompirmasi Beasiswa Bidik Misi untuk PTN jadi jangan sampai salah anda hanya bisa mengikuti satu bentuk seleksi saja untuk itu silahkan langsung akses situs resmi PTN yang anda inginkan.


Beasiswa Bidik Misi Seleksi Mandiri PTS.

Tidak hanya perguruan tinggi negeri bidik misi juga saat ini bekerjasama dengan perguruan tinggi swasta yang ada di seluruh Indonesia terutama yang memiliki kwalitas pendidikan baik, hal ini menambah sayap bidik misi bahwa anda bisa mengikuti seleksi ke PTS yang ada hanya saja anda harus mengecek mana PTS yang bekerjasama dengan bidik misi dan mana yang bukan sebab tidak semua PTS menjalin kerjamasa terutama 10 perguruan tinggi swasta terbaik bekerjasama dengan Beasiswa Bidik Misi.


Beasiswa Bidik Misi Seleksi Jalur PMDK atau UMPN.

Ini hampir sama dengan jalur SNMPTN hanya saja tidak dilakukan secara nasional ini dilakukan secara mandiri jadi bisa dibilang jalur mandiri tetapi biasanya dilakukan dengan sistem non tertulis bisa dibilang undangan mandiri bagi anda yang berprestasi terutama sekolah yang dekat dengan perguruan tinggi tempat anda tinggal proses ini bisanya dilakukan melalui kerjasama sekolah dan perguruan tinggi nantinya anda akan direkomendasikan untuk bisa mengikuti seleksi ini.

Dalam proses pendaftaran dan pemilihan seleksi yang diinginkan anda akan diberikan beberapa pilihan yang bisa diikuti tetapi walaupun bidik misi dibuka tetapi jalur yang ingin diikuti belum dibuka anda tetap tidak bisa mendaftar sebagai contoh anda ingin ikut jalur SBMPTN harus menunggu pembukaan pendaftaran dulu baru bisa, selanjutnya jika sudah mendaftar anda akan memilih kampus dan beberapa program studi yang dipih kalau semua proses pemilihan seleksi sudah selesai lanjut menuju tahap akhir.


17. Cetak Kartu Peserta.

Jika semua proses dan data sudah diisi dengan benar maka data tidak akan bisa dirubah kembali selanjutnya anda akan melanjutkan proses cetak kartu peserta nantinya akan digunakan untuk mengikuti tes seleksi meksi haru mengikuti beberapa kompirmasi sesuai seleksi yang diikuti proses ini hampir selesai nantinya akan seperti gambar dibawah ini.


18. Cetak Formulir Peserta.

Semua data yang anda isi tadi juga harus dicetak setelah setidaknya pengisian satu jalur yang dipilih kemudian berkas ini juga diperlukan dalam seleksi nantinya akan bertulisakan data pribadi pendaftar nantinya setelah mencetak anda akan melihat beberapa berkas seperti pada gambar untuk lebih jelas yuk langsung saja lihat dibawah ini.



19. Kompresi Foto.

Anda bisa mengatur foto dalam proses terakhir ini jika belum sesuai atau belum ada foto anda bisa mengkopres melalui beberapa cara salah satu cara sederhana adalah menggunakan paint yang ada pada komputer anda mengatur pixel dan agar sesuai seperti ukuran 400x600 dengan jumlah total tidak melebihi 300 kb tujuannya adalah agar bisa diupload karena jika melebihi tidak bisa diupload. Untuk lebih jelas simak pada gambar.


Seperti yang telah dijelaskan bahawa proses pendaftaran jika sudah mencapai tahap ini dipastikan selesai ini adalah pendaftaran manual beasiswa Bidik Misi, yang bisa anda ikuti apalagi anda tidak direkomendasikan oleh sekolah, selain itu penyertaan rekening pribadi pada saat pendaftaran untuk dana beasiswa bidik misi menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Selanjutnya adalah jika semua berkas beasiswa bidik misi sudah di print out anda tinggal kompirmasi dan melakukan pendaftaran sesuai dengan seleksi yang diikuti sebagai contoh anda boleh memilih hanya salah satu jalur seleksi saja tidak boleh lebih dari satu kecuali seleksi pertama yang anda ikuti tidak lulus anda bisa mengikuti seleksi tahap dua dengan jalur berbeda. Tetapi jika bersaman tidak bisa hanya satu jalur seleksi Beasiswa Bidik Misi saja yang bisa diikuti.

Ketentuan panitia mengenai beasiswa bidik misi ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi lulusan tiga tahun terkhir terhitung tahun 3 tahun terakhir masih dapat mengikuti seleksi tetapi melalui usulan manual bukan rekomendasi sekolah. Jadi bagi yang tidak mendapatkan rekomendasi sekolah bisa ikut mengusulkan secara mandiri.

Dari beberapa informasi beasiswa bidik misi diatas dapat disimpulkan bahwa proses pendaftaran terdiri dua bentuk pertama direkomendasikan oleh sekolah dan yang kedua dilakukan secara manual tidak rekomendasi sekolah, dan mengikuti 19 langkah pendaftaran beasiswa bidik misi, anda hanya bisa memilih satu seleksi saja dari daftar seleksi yang ada seperti SBMPTN, SNMPTN, Mandiri PTN, Mandiri PTS, UMPN atau PMDK Mandiri.

Bagaimana sudah cukup jelas untuk informasi Persyaratan anda bisa dilhat di Persyaratan Lengkap Beasiswa Bidik Misi, harap melihat dan memperhatikan semua ketentuan yang berlaku jangan sampai anda memberikan data palsu anda akan dipidana dan mengembalikan dua kali lipat dari total beasiswa yang diterima. Bagi anda yang tidak suka dengan hal panjang berikut admin berikan Mekanisme Pendaftaran Singkat Beasiswa Bidik Misi. Admin doakan semoga lulus Beasiswa Bidik Misi sesuai yang diharapkan amin.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk