Pendaftaran Online STEM Akamigas

Pendaftaran Online STEM AkamigasSekolah Tinggi Energi dan Mineral Akamigas Cepu adalah salah satu sekolah tinggi teknik yang berada dibawah kementrian ESDM dan pertaminas serta Akamigas bergerak dalam pertambangan di Indonesia selain itu STEM Akamigas merupakan sekolah tinggi kedinasan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara pendaftaran dan siapa saja yang bisa ikut mendaftar melalui sekolah tinggi ini sebab siapa yang tidak mau tamat kuliah langsung kerja, kebanyakan orang berbondong-bondong untuk mengikuti seleksi dan kuliah di STEM ini, ada beberapa katagori pendaftaran yang bisa diikuti oleh peserta melalui kampus ini seperti jalur pendaftaran yang dibuka untuk umum atau masyarakat biasa.

Selanjutnya ada juga jalur masuk yang diperuntukan untuk aparatur negara atau PNS dilingkungan kementerian dan BUMN Pertamina dan Akamigas, nah untuk selanjutnya jalur masuk yang dibuka untuk karyawan dilingkungan perindustrian dan KESDM dan akan kita bahas satu persatu, untuk mengikuti seleksi atau mendaftar tidak sulit.


Pendaftaran Online STEM AKAMIGAS

STEM Akamigas membuka pendaftaran secara umum dan jalur khusus dan dilaksanakan melalui Online, pendaftaran akan dilaksanakan sekitar awal tahun ini kemudian untuk mengikuti seleksi terlebih dahulu calon perserta harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibuat oleh STEM Akamigas untuk itu sebelum membahas lebih lanjut mari kita simak dulu persyaratan wajib untuk calon peserta berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran Peserta Umum.
  • Barijazah SMA/MA IPA dan SMK Teknik,Pilihan Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas. Teknik Pengolahan Minyak dan Gas. Teknik Instrumentasi Kilang. Teknik Mesin Kilang.
  • Barijazah SMA/MA IPA / IPS dan SMK Teknik / Non Teknik Pilihan Program Studi : Logistik Minyak dan Gas. 
  • Tahun kelulusan maksimal dua tahun ajaran sebelumnya tiga tahun tarakhir.
  • Status belum menikah.
  • Untuk tahun kelulusan 2016 2017 dan 2018, Nilai UAN Bahasa Inggris minimal 7.0. Nilai UAN Matematika minimal 7.0 Rata-rata nilai setiap semester I s.d IV minimal 7.0 Untuk tahun kelulusan tahun ini Nilai Semester IV Bahasa Inggris minimal 7.5. Nilai Semester IV Matematika minimal 7.5. Rata-rata nilai setiap semester I s.d IV minimal 7.0. 
  • Berbadan sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter. 
  • Surat Pernyataan bebas narkoba yang diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat. 
  • Melakukan registrasi dan mengisi formulir pendaftaran di website PMBU on-line http://pmbu.akamigas.ac.id.
  • Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- (Dua ratus ribu rupiah). 
  • Biaya pendidikan sebesar Rp. 27.000.000,- (Dua puluh tujuh juta rupiah) per semester, meliputi Biaya Asrama (Board and Lodging). Biaya Perkuliahan.Biaya Praktek dan Praktikum. Biaya perlengkapan kuliah. 
  • Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan 2x24 jam setelah melakukan registrasi. 
  • Pembayaran biaya pendidikan akan diberitahukan setelah peserta dinyatakan lulus seleksi.
  • Pembayaran biaya pendaftaran ditransfer ke Bank BNI Cabang Cepu dengan nomor rekening virtual account masing-masing pendaftar yang tercantum pada website http://pmbu.akamigas.ac.id (sama dengan yang tercantum dalam email yang diterima peserta).
Untuk persyaratan lainnya dapat dilihat melalui situs resmi pendaftaran di www.akamigas.ac.id, selanjutnya kita akan membahas seperti yang telah admin janjikan mengenai jenis dan proses pendaftaran bagi calon peserta untuk itu beberapa hal seperti persyaratan diatas sudah menjadi wajib hukumnya dipenuhi apabila anda ingin mengikuti seleksi STEM Akamis, dibawah ini adalah beberapa informasi mengenai cara dan jenis pendaftarannya simak selengkapnya dibawah ini.


1. Penerimaan Mahasiswa Baru Umum STEM Akamigas.

Seperti yang telah admin singgung diatas bahwa pendaftaran akan dilaksanakan melalui beberapa jalur masuk diantaranya adalah jalur Umum untuk jalur ini dibuka bagi pelajar yang baru lulus SMA/SMK jadi untuk jalur ini semua lulusan tiga tahun terakhir dimulai tahun ini bisa mendaftar, untuk informasi pendaftaran online melalui situs resmi pmbu.akamigas.ac.id untuk uang pendaftaran dibayar 2x24 setelah registrasi dilakukan selanjutnya ikuti proses pendaftaran sampai dengan selesai.


2. Penerimaan Mahasiswa Baru Aparatur STEM Akamigas.

Kalau jalur masuk satu ini lebih pada mereka para pegawai negeri sipil dilingkungan Kementerian ESDM dan beberapa lingkungan pendidikan penelitian ESDM dan berkaitan dengan Akamigas dan PNS Kota dan Kabupaten bisa ikut mendaftar, terutama mereka yang ingin melanjutkan kuliah di STEM bisa mengikuti pendaftaran sampai dengan selesai, pendaftaran dilaksanakan melalui online disitus pmbu.akamigas.ac.id kemudian ikuti proses pendaftaran sesuai dengan prosedur pendaftaran.


3. Penerimaan Mahasiswa Baru KESDM STEM Akamigas.

Untuk jalur satu ini lebih diprioritaskan atau dibuka untuk karyawan yang disekolahkan oleh perusahaan tertentu, biasanya peserta jalur ini rata-rata sudah bekerja, terutama mereka yang berprestasi dalam bidang pekerjaan, untuk informasi persyaratan silahaksan cek di www.akamigas.ac.id kemudian untuk proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs yang sama pmbu.akamigas.ac.id.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendaftar STEM Akamigas terutama pemilihan jalur masuk yang tersedia sesuai dengan katagori dan persyaratan yang diajukan kemudian jangan lupa untuk membaca ketentuan yang berlaku melalui situs resmi www.akamigas.ac.id jangan sampai salah informasi nantinya, selain itu admin juga akan memberikan sedikit cara pendaftaran online yang dilaksanakan melalui situs resmi STEM Akamigas simak selengkapnya dibawah ini.

  • Pendaftaran online dapat dilakukan melalui website Penerimaan Mahasiswa Baru STEM Akamigas di http://pmbu.akamigas.ac.id.
  • Melakukan registrasi on-line di http://pmbu.akamigas.ac.id untuk membuat akun pendaftaran dan mendapatkan Kode Pendaftaran Online (PIN). Peserta wajib memenuhi persyaratan admininstrasi yang telah ditetapkan sebelum melakukan registrasi. Kode Pendaftaran Online (PIN) akan dikirim ke email peserta sesuai dengan alamat email yang diisikan dalam form registrasi.
  • Membayar biaya pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru dengan melakukan transfer melalui Bank BNI Cabang Cepu a.n. PTK AKAMIGAS CEPU. (Informasi Nomor rekening dikirimkan melalui email beserta kode pendaftaran online).
  • Menunggu 2 x 24 jam untuk melakukan pembayaran dan aktifasi akun pendaftaran.
  • Melengkapi isian biodata, lokasi ujian dan persyaratan lain pada aplikasi registrasi di http://pmbu.akamigas.ac.id.
  • Mencetak kartu ujian dari aplikasi registrasi on-oline setelah semua data diisi dengan benar dan tidak ada lagi perubahan.
Setelah proses pendaftaran sudah selesai langkah selanjutnya yang harus dilaksanakan adalah menyerahkan berkas yang sudah ada sebelum pelaksanan tes dilakukan untuk itu ada beberapa hal rincian yang tidak kalah penting mengingat proses pendaftaran yang begitu panjang untuk itu simak juga proses selanjutnya dibawah ini. Peserta Ujian Seleksi diwajibkan menyerahkan berkas pada saat pelaksanaan ujian seleksi, meliputi :
  1. Fotocopy Ijazah yang telah dilegalisir.
  2. Surat Ijin Orang Tua/Wali.
  3. Surat Kesanggupan Orang Tua/Wali untuk membayar biaya pendidikan.
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Polsek setempat.
  5. Fotocopy nilai raport empat (4) semester terakhir yang telah dilegalisir.
  6. Surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari dokter pemerintah.
  7. Surat pernyataan bebas narkoba yang diketahui oleh lurah/kepala desa setempat.
Penerimaan akan dilaksanakan sesuai dengan waktu pendaftaran yang dikeluarkan oleh panitia melalui kampus dan situs resmi untuk admin akan membagikan sedikit jadwal lengkap yang bisa dijadikan salah satu pedoman kapan pendaftaran dan penerimaan STEM Akamigas dibuka simak selengkapnya informasi dibawah ini.


Untuk format surat silahkan cek melalui situs resmi pendaftaran di www.akamigas.ac.id, informasi yang anda simak tadi padat anda akses melalui situs yang sama, kemudian untuk pengumuman akan dilakukan setelah seleksi selesai. Demikianlah informasi mengenai pendaftaran Online STEM Akamigas semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semua terutama bagi calon peserta.

Harap berhati-hati terhadap semua bentuk penipuan yang dilakukan oknum tertentu mengatas namakan panitia seleksi penyelenggaraan STEM Akamigas, yang harus diingat bahwa panitia tidak pernah meminta uang diluar dari pengumuman situs resmi, jika terjadi kejanggalan segera laporkan kepada panitia seleksi atau menanyakan kebenaran informasi melalui contak person pada situs resmi STEAM Akamigas, jangan lupa untuk update informasi seputar Perguruan Tingi Kedinasan atau PTN lainnya terima kasih.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk