Prediksi Kisi Kisi Contoh Soal SBMPTN

SBMPTN.ac.id - Prediksi Kisi Kisi Contoh Soal SBMPTN - Sebagai salah satu jalur tertulis SBMPTN merupakan jalur masuk yang dilaksanakan bersama secara Nasional dan sekaligus menjadi salah satu jalur masuk tertulis yang tersisa, meski tergolong baru populer jalur SBMPTN sampai saat ini masih penuh sesak oleh peminat.

Terlebih jalur ini dilakukan dan dibuka setelah Pengumuman SNMPTN, dengan kata lain bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin mendaftar baik yang baru maupun yang dinyatakan tidak lulus jalur undangan, selain itu untuk SBMPTN juga membuka Beasiswa Bidik Misi SBMPTN bisa diusulkan secara mandiri dan juga bagi yang tidak lulus Beasiswa Bidik Misi sebelumnya anda bisa menggunakan Kap dan Pin yang sama untuk mendaftar tanpa dikenakan Biaya SBMPTN tambahan.

Tetapi kali ini kita akan seperti biasa akan mengupas tuntas mengenai Contoh Prediksi Soal SBMPTN tahun ini, apa saja kisi yang harus dipelajari dan bagaiman cara yang tepat untuk menjawab soal SBMPTN, semua pertanyaan tentu memiliki jawaban termasuk yang anda tanyakan seperti dimaksud, sebelum lanjut pada Soal admin akan menguruaikan terlebih dahulu proses dari awal sampai dengan tes dilaksanakan.


Prediksi Contoh Kisi-Kisi Soal SBMPTN


Berdasarkan pengalaman yang telah lalu, proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs Pendaftaran.SBMPTN.ac.id atau SBMPTN.ac.id setelah proses panjang pendaftaran anda bisa mengikuti semua prosedur yang anda lakukan sesuai dengan ketentuan, saat tiba waktu tes yang harus dipersiapkan cek lokasi tes satu hari sebelum tes kemudian cari nomor tempat duduk setelah selesai besoknya bisa langsung Tes SBMPTN.

Nah jika berbicara tes tentu anda juga akan mengikuti semua proses seleksi, seperti yang sudah admin janjikan kita akan mempelajari contoh soal dan kisi-kisi SBMPTN menurut pengalaman dan sumber belajar yang harus diperhatikan dalam seleksi SBMPTN ada beberapa hal atau indikator untuk menjamin kelulusan anda berikut info yang bisa admin uraikan dibawah ini.


1. Waktu Menjawab.

Maksudnya anda harus benar-benar memperhatikan waktu, karena jika dihitung waktu yang diberikan cukup singkat, anda harus menjawab dengan tepat dan cepat, jika dihitung dalam satu soal hanya ada waktu sekitar 60 detik atau satu menit, jadi ketika anda menjawab dan tidak menemukan segera tinggal jangan habiskan waktu mu untuk berfikir lama disatu soal, segera perhatikan waktu meski begitu anda tidak harus terus-terusan memperhatikan waktu fokus pada jawabanlah yang penting.


2. Teknik The King.

Mungkin bagi yang sudah sering kursus dan bimbel teknik ini tidak asing lagi, ya benar sekali Teknik The King adalah teknik menjawab soal dengan cara cepa, ketika anda menemukan soal yang rumit atau panjang jika harus membaca atau mengerjakan butuh waktu yang lama, tetapi dengan teknik ini anda bisa dengan cepat menemukan jawab dari pertanyaan, seperti misalkan contoh untuk mengerkan soal hitungan, anda harus menghitung hasil yang ada jika ada a,b,c,d,e coba satu persatu dengan menghubungkan soal dengan begitu anda akan dengan cepat menemukan setiap jawaban yang ada. Seperti itu juga jika harus menyimpulkan baca awal dan akhir teks dan menuju soal. 


3. Berlatih Soal SBMPTN.

Ada banyak cara untuk lulus satu satunya anda harus membiasakan diri dalam mengerjakan setiap soal yang ada kemudian mengukur dan evaluasi mana yang masih kurang bisa dipahami serta lebih memperdalam kemampuan yang sudah dikuasai, Untuk berlatih anda bisa dengan mudah mencari soal-soal saran admin beli buku kumpulan Soal di Toko Buku terdekat, karena sumber soal biasanya lebih bisa dipertanggung jawabkan dari pada harus download meski gratis kita belum tahu bobot soal apakah sudah diverifikasi atau belum.


4. Mempelajari Kisi-Kisi Soal SBMPTN.

Jika dilihat dari Kisi soal maka akan muncul sebuah kesimpulan soal yang akan diujikan setiap tahun sama jenisnya tetapi beda bentuknya seperti misalkan Tes Potensi Akademik yang diukur adalah kemampuan penalaran anda, soalnya biasa Logika, Gambar, Soal Cerita, Aljabar, Bahasa, dan lainya, selain itu untuk Tes kemampuan dasar yang harus anda pelajari adalah Matematika, berupa Soal Cerita, dan Aljabar, deret dan angka, Bahasa biasanya menyimpulkan, pokok kalimat, maksud dan tujuan, dan yang terakhir Soshum yaitu pembejaran tentang IPS selama disekolah.

Seperti itu juga Saintek yang akan dibahas adalah soal IPA yang pernah dipelajari semala sekolah jadi anda harus membuka buku pelajaran anda dan sesuaikan dengan soal tahun lalu biasanya tidak jauh berbeda yang akan keluar hanya saja beberapa dari soal akan mengalami perkembangan. Seluruh Indonesia menggunakan soal yang sama persis dengan yang diujikan tinggal Passing Greade nya saja berbeda dari kampus A dan B atau C, admin juga akan menguraikan bentuk soal yang akan dites seperti dibawah ini.


1. Tes Kemampuan Dasar (TPA)

Mengukur kecerdasan anda dalam penalaran menggunakan logika, yang diujikan biasanya mengenai Antonim, Sinonim, Perumpamaan, Persamaan, Gambar menghubungkan, Menyimpulkan, deret, aljabar, soal cerita peluang untuk lulus terletak pada TPA karena sekitar 50% jadi usahakan anda harus menjawab dengan benar karena jika salah poin akan dikurangi -1 sedangkan jika benar +4. Jika anda ragu tidak usah diisi saja.


2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Untuk SBMPTN ada juga tes Kemampuan dasar berupa mata pelajaran pokok seperti , Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dari ketiga bentuk soal ini harus betul dipelajari karena akan mencakup keseluruhan seperti Teks, Menyimpulkan, soal hitung-hitungan, untuk ketentuan kelulusan masih sama jika salah satu -1 sedangkan jika benar +4. Bobot 30% untuk kelulusan.


3. Tes Bidang Studi Saintek (IPA).

Ada dua pilihan untuk seleksi jurusan yang diambil dalam katagori apa salah satunya adalah Saintek yang berarti IPA yang harus dipejari secara utuh, meliputi, Kimia, Fisika, Biologi secara umumn jadi ini juga menjadi salah satu hal penting dalam proses seleksi SBMPTN meski bobotnya sekitar 20% akan menunjang kelulusan anda ketentuan untuk benar salah masih sama dengan tes lainnya.


4. Tes Bidang Studi Soshum (IPS)

Nah bagi anda yang memiliki keunginana untuk seleksi dalam program studi IPS yang harus diambil adalah tes Soshum dengan kata lain materi tes yang akan diujikan adalah, Sejarah, Geografi, Sesiologi, dan lainya jadi bagi anda yang ingin mengikuti tes harus belajar materi ini bobot ini masih sama 20% menjamin kelulusan jika betul semua untuk benar salah sekali lagi masih sama.


5. Tes Bidang Gabungan Saintek Soshum (IPC)

Jika anda memiliki keinginan untuk bisa ikut dua program studi yang berbeda seperti contoh pilihan pertama jurusan IPA sedangkan pilihan kedua IPS anda bisa mengikuti seleksi IPC jadi yang diujikan memang cukup berat kita harus menguasai IPA dan IPS secara keseluruhan karena soal akan menjadi satu paket, tetapi anda harus pikirkan ulang karena bobot sama 20%, dengan ketentuan benar +4 jika salah -1.


6. Tes Keterampilan (Fisik)

Bagi anda yang memilih program studi yang berkaitan dengan keterampilan khusus seperti Olahraga dan Sastra atau Seni anda harus mengikuti seleksi tambahan berupa tes Fisik, dan untuk proses ini anda juga harus membayar uang tes, kemudain jadwal akan diumumkan biasanya sehari setelah tes tertulis, beruntunglah untuk bobot tes ini sekitar 50% jadi faktor keberhasilan akan menunjang sekali, tetapi perlu diingat bahwa ini diperuntukan untuk program tertentu saja tidak menyeluruh.

Untuk bisa lulus anda tidak bisa hanya bisa mencapai Passing Greade satu soal saja semua harus mencapai terlebih dari setiap PTN yang akan dipilih memilki patokan nilai kelulusan yang berbeda, sebelum tes anda harus mengecek dulu berapa target yang harus dicapai dari setiap tes untuk pilihan Kampus tujuan anda jangan sampai salah prediksi ketentuan masih tetap berlaku yang sudah disebutkan diatas.

Demikianlah info seputar Prediksi Contoh Kisi-Kisi Soal SBMPTN, tidak lupa seperti biasa admin doakan semoga lulus SBMPTN sesuai yang diharpakan jangan lupa berdoa agar apa yang kita perjuangkan bisa menjadi kenyataan dan direstui oleh Alloh, semoga juga anda bisa lulus dengan murni terima kasih jangan lupa untuk terus update info mengenai kabar lainnya SBMPTN salam sukses untuk kita semua.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk