Pendaftaran Online BINTARA Polisi/Polwan

BrigadirPendaftaran Online BINTARA Polisi/PolwanPenerimaan.Polri.go.id saat ini sudah dibuka setidaknya ada sekitar 4 seleksi yang banyak kita kenal pembukaan bulan April jadi jangan sampai dilewatkan begitu saja sebeb sayang sekali karena jika lulus sudah dipastikan anda akan menjadi Pegawai SIPIL dengan jagi yang menjamin masa depan anda.

Mengingat ada banyak sekali Pelajar yang lulusan tahun ini ataupun tahun lalu meminta admin untuk memberikan update seputar Pendaftaran Online Polisi atau Polri khusus SCABA atau Brigadir jadi jangan lewatkan informasi seperti biasa sebelum melanjutkan pembahasan admin akan sedikit memberikan mengenai uraian singkat sejarah dan perkembangan Polri di Indonesia.

Sebelum sampai seperti sekarang ini pada era orde baru, pemerintah hanya membuat satu kepala atau Panglima saja, jadi kepolisian masih tunduk dalam satu komando ABRI, tetapi setelah revormasi kepolisian sudah mempunyai panglima sendiri atau jendral, hal ini berdampak pada penyetaraan kedudukan diman Polisi juga memiliki akses penuh dalam lembaganya sendiri tidak lagi tergabung dalam meliter, sementara untuk tentara sekarang sudah menjadi TNI.


Pendaftaran Online Brigadir Polisi

Dari beberapa sejara tersebut setiap tahun dan semakin hari pendaftar polis semakin tinggi peminatnya sebab hal ini dikarenakan beberapa alasan yang tidak kalah penting, Jaminan hidup sehat, seserang besar dan dihargai karena pangkat menjadi salah satu iming-iming besar menjadi seorang Polisi, Jika boleh sedikit berbagi pengalaman dari teman admin yang sudah menjadi polisi cukup luar biasa.

Seperti mereka hidup berkecukupan, dihargai dan disegani oleh masyarakat, meski banyak masyarakat yang menggap Polisi adalah suatu profesi yang menjadi musuh bagi masyarakat seperti dijalan tetapi sadarilah Polisi tidak akan membuat sebuah permasalahan kalau kita sendiri tidak salah, jadi kesimpulan adalah itu hanya opini masyarakat yang tidak mau mengakui kalau dia salah.

Lepas dari itu semua, dulu saat admin kuliah cita-cita pertama adalah menjadi seorang Polisi meksi tidak lulus tetapi sampai saat ini mengagumi profesi ini. Nah itu tadi sedikit pendahuluan mengenai pendaftaran polisi, mengingat banyak sekali masukan dari para pembaca pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit menuliskan beberapa cara mudah untuk mendaftarkan diri secara online untuk SCABA terutama bagi yang masih bingung bisa mengikuti petunjuk dibawah ini.


Cara Pendaftaran Online Bintara Polisi/Polri 

1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs Penerimaan.Polri.go.id kemudian pilih Brigadir klik "Daftar maka anda akan menemukan formulir pendaftaran online yang harus diisi secara lengkap Harap Mengisi data yang benar, agar informasi bisa dipahami dengan baik admin akan memotong-motong formulir dan menjelaskan secara rinci seperti yang pertama harus diisi adalah "Asal Polda/Pol Res/Ta/Bes" tempat anda akan mendaftar sesuai kota atau kabupaten daerah yang dipilih selanjutnya Isi "Identitas Diri" untuk lebih jelas silahkan lihat pada gambar dibawah ini.


2. Masih dalam formulir online yang sama, anda harus mengisi juga formulir dibawahnya seperti "Latar Belakang Pendidikan dan Sumber Rekrutmen" isi dengan benar,  untuk lebih jelas silahkan klik pada gambar dibawah ini.


3. Lanjut dibawah nya yang harus juga diisi dengan lengkap adalah pada formulir yang masih sama anda akan menemukan data mengenai "Data Orang Tua" meliputi "Bapak Kandung", "Ibu Kandung", "Wali/Bapak Tiri/Ibu Tiri". isi dari formulir ini anda harus mengisi dengan tepat biodata diri dan keluarga, Catatan keluarga yang tercatatan sebagai anggota hitam masa PKI tidak akan bisa menjadi seorang anggota Polisi. Untuk lebih jelas simak gambar dibawah ini.



4. Lanjut masih sama dalam satu formulir semua data diri dan data keluarga dan tempat tes yang akan diikuti selesai periksa kembali kemudian kompirmasi dengan mengisi Kode Verifikasi pada "Akun" kemudian Pasword baru yang digunakan untuk login pada saat ingin mencetak formulir online, dan terkahir adalah centak Ceklist pada situs setelah selesai semua klik "Daftar". Seperti pada gambar berikut ini.


Proses pendaftaran online Brigadir Polisi sudah selesai tinggal anda cetak dan lampirkan persyaratan yang ada, setelah lengkap serahkan berkas ke panitia seleksi tempat anda akan tes, nanti akan diverifikasi sambil melanjutkan Pengukuran Badan dan Berat Badan jika dianggap memenuhi persyaratan maka anda akan dinyatakan lulus Verifikasi Berkas. Tentu anda juga belum mengetahui apa saja persyaratan pendaftaran Brigadir untuk itu silahkan lihat dibawah ini.


Persyaratan Umum Brigadir Polisi.
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Pendidikan paling rendah SMU atau yang sederajat.
  5. Berumur paling rendah 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota Polri).
  6. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
  7. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres setempat berupa SKCK).
  8. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela; dan lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian. 

Selain persyaratan Umum anda harus melengkapi persyaratan khusu Brigadir, jika kedua persyaratan ini dinyatakan sudah memenuhi anda dipastikan bisa mengikuti seleksi yang ada untuk itu simak Persyaratan nya dibawah ini.

  • Berijazah serendah-rendahnya SMU/Madrasah Aliyah jurusan IPA/IPS atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan Nilai Akhir (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal 6,5.
  • Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Brigadir Polisi T.A. ini, minimal 17 (tujuh belas) tahun 5 (lima) bulan dan maksimal 21 tahun.
  • Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku): Pria : 163 (seratus enam puluh lima) cm; Wanita : 160 (seratus enam puluh) cm;
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polisi, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus.
  • Bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Bripda.
  • Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun (bukan paksaan orang tua).
  • Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.
  • Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda tempat pendaftaran minimal 1 (satu) tahun, yang dibuktikan dengan KTP atau Surat Keterangan dari Kepala Desa/Kelurahan setempat dan KK atau ijazah/STTB/rapor terakhir.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan bersedia ditugaskan pada fungsi PHH Brimob dan Dalmas Sabhara Polri.
  • Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut: pemeriksaan administrasi awal; pemeriksaan kesehatan tahap I; pemeriksaan dan pengujian psikologi; pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk keswa); pengujian kesamaptaan jasmani; pemeriksaan administrasi akhir.
  • PPengujian akademik, yang meliputi: Pengetahuan umum (materinya meliputi soal Undang-Undang Kepolisian, HAM, muatan lokal dan MIPA seperti teori/perhitungan fisika, kimia dan matematika); Bahasa Indonesia;Bahasa Inggris.
  • Sidang terbuka penentuan kelulusan akhir.
Secara khusus Pendaftaran Brigadir terdiri menjadi dua bagian atau dua kelompok yaitu bagi katagori Putra dan Bagi katagori Putri kesemua jenis kelamin ini bisa mengikuti Pendaftaran dan Seleksi Brigadir Polisi. Nah untuk lebih jelas admin akan menguraikan mengenai hal tersebut dibawah ini secara terperinci selengkapnya berikut informasinnya.


Pendaftaran Brigadir Polri.

Nah kalau yang ini Brigadir untuk katagori Putra jadi bagi anda yang merasa laki-laki dan ingin mengikuti seleksi anda harus melengkapi berkas dengan mengikuti setiap prosedur pendaftaran katagori Laki-laki dan ada sedikit perbedaan, menyesuaikan dengan persyaratan yang ada, jika anda belum mengetahui silahkan cek pada situs resmi Penerimaan.Polri.go.id pilih "Brigadir Polri".


Pendaftaran Brigadir Polwan.

Jika di atas adalah katagori pria, untuk wanita atau putri juga tidak kalah jika anda berminta menjadi seorang Polwan silahkan melakukan pendaftaran melalui situs resmi Penerimaan.Polri.go.id pilih "Brigadir Polwan" kemudian ikuti semua prosedur pendaftaran sesuai dengan jenis kelamin anda jangan sampai salah ya, karena sistem seleksi akan dibedakan menjadi beberapa kelompok.

Pembahasan selanjutnya adalah Jadwal anda akan admin tuntun untuk memandu agar bisa mendaftar sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan berdasarkan sumber dari situs resmi Penerimaan Polri ada jangka waktu proses pendaftaran yang harus diikuti jadi jangan sampai salah ya, untuk itu simak selengkapnya melalui situs resmi penerimaan.polri.go.id


Jangan sampai ketinggalan ya jika anda benar berminta menjadi seorang anggota kepolisian Polri atau Polwan, jika terdapat beberapa perbedaan dengan situs resmi Polri maka yang digunakan adalah update dari info situs resmi, admin disini hanya membantu untuk mempublikasi dan menuntun anda untuk bisa menyelesaikan pendaftaran terutama melalui Online, dari beberapa informasi yang terlah diuraikan diatas dapat disimpulkan bahwa.

Penerimaan Polri atau Polwan untuk Brigadir dilaksanakan secara bertahap pada bulan April mulai awal sampai dengan akhir bulan, jadi bagi yang belum mengtahui cara mendaftar silahkan ikuti prosedur pendaftaran dibawah ini, admin doakan semoga lulus Polisi denga murni tanpa sogokan amin demikianlah informasi yang bisa admin berikan semoga bisa bermanfaat salam sukses untuk kita semua.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk