Prosedur Pendaftaran SNMPTN

SNMPTN.ac.id - Prosedur Pendaftaran SNMPTN - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri saat ini dibuka pendaftaran untuk mendaftar dari masing-masing sekolah sudah menetapkan dan mengirimkan perwakilan untuk bisa mengikuti seleksi Undangan berdasarkan prestasi selama sekolah.

Seleksi SNMPTN dilaksanakan sebelum Ujian Nasional diselenggarakan selain dari pada itu mulai tanggal yang sudah ditetapkan ini penerimaan SNMPTN sudah mulai dilakukan, tidak jarangan pelajar yang bingung untuk melakukan pendaftaran karena tidak semua peserta yang langsung didaftarkan pihak sekolah, terkadang sekolah hanya memberikan usename dan pasword saja selebihnya dikembalikan kepada siswa.

Pendaftaran SNMPTN dilaksanakan melalui situs resmi SNMPTN.ac.id bagi mereka yang sudah mendapatkan pasword dan username tentu masih bingung langkah apa selanjutnya yang ingin dilakukan untuk itu admin akan memberikan sedikit cara panduan Manual Pendaftaran SNMPTN untuk Siswa simak selengkapnya dibawah ini dikutip dari situs Pendaftaran web.SNMPTN.ac.id.


1. Langkah Pertama Login Siswa.

Buka alamat situs http://web.snmptn.ac.id kemudian masukan pasword dan username atau NISN yang telah didapat dari sekolah kemudian klik login, jangan sampai salah anda akan menemukan seperti yang terlihat pada halaman dibawah ini.


2. Langkah Kedua Pilih PTN dan Program Studi.

Untuk Siswa diharuskan memilih maksimal dua PTN yang tersedia masing-masing PTN hanya bisa memilih maksmila 3 program studi, untuk pemilihan program studi, pilih sesuai dengan yang anda minati, seleksi SNMPTN akan dilakanakan secara Nasional untuk itu tahapan ini menjadi penting, hanya saja bagi mereka yang ingin ikut seleksi bisa mengikuti tes pada PTN terdekat, jika sudah anda akan melihat pilihan seperti pada gambar dibawah ini.



3. Langka Ketiga Mengupload Foto.

Foto yang diunggah harus memenuhi persyaratan berikut Wajah siswa terlihat jelas Pakaian rapi Rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel Format JPEG (.jpg) Ukuran file tidak lebih dari 1 MB, Jangan sampai salah upload jika tidak bisa berarti resolusi belum sesuai dengan ketentuan, jangan sampai salah upload gambar foto kucing ya hehe, Lihat pada gambar dibawah ini.



4. Langkah Empat Mengisi Formulir Pendaftaran.

Langkah ini menjadi langkah penting yang harus dilakukan sebelum mengisi terlebih dahulu siapkan kartu keluarga untuk menyocokan data diri anda, dan keluarga, slip gaji atau gaji orang tua, Jumlah kakak, Jumlah admik, biaya pendidikan sekolah, Jenis kelamain dan lain jangan sampai salah ya selanjutnya kompirmasi atas data yang sudah diberikan ceklist yang ada sebagai salah satu tanda bahwa anda setuju atas semua persyaratan yang ditetapkan oleh SNMPTN jika sudah selesai lalu klik selesai dan simpan. Untuk lebih jelasnya simak gambar dibawah ini.


5. Langkah kelima Melengkapi Portopolio (Khusus Program Studi Seni dan Olahraga).

Bagi siswa yang memilih program studi seni dan olahraga anda wajib mengisi Portopolio yang ada, tetapi jika tidak anda boleh melewatkan langkah nomor lima ini, pengisian portopolio ini bertujuan untuk mengkompirmasi mengenai bakat dan prestasi anda dibidang Seni dan Olahraga untuk itu jangan samapi salah sebab nantinya akan menentukan cabang pada saat anda sudah masuk untuk lebih jelasnya simak selengkapnya seperti pada gambar dibawah ini.


6. Langkah Keenam Verifikasi Bidik Misi (Bagi yang Mendaftar Beasiswa Bidik Misi).

Untuk langkah ini anda akan diberikan kompirmasi bagi mereka yang mendaftar SNMPTN Bidik Misi, jika tidak anda juga boleh melewatkan langka ini Langkah yang harus dilakukan adalah Jika Anda adalah siswa peserta beasiswa Bidik Misi, Anda harus memasukkan KAP dan PIN Anda. Pilih menu Bidik Misi pada daftar menu di atas Masukkan KAP dan PIN Sistem akan memverifikasi KAP dan PIN Anda ke sistem Bidik Misi Siswa peserta Bidik Misi tidak dapat memilih program studi dari Universitas Islam Negeri (UIN/IAIN). Untuk lebih jelasnya simak seperti pada gambar berikut ini.


 7. Langkah Ketujuh Finalisasi Pendaftaran.

Ada awal pasti ada akhir begitu juga proses pendaftaran SNMPTN yang sudah anda lakukan, ini merupakana langkah akhir pendaftaran online SNMPTN, sebelum dicetak anda juga bisa mengecek terlebih dahulu data sebelum dicetak jika sudah selesai Setelah semua data telah dimasukkan, Anda harus memfinalisasi pendaftaran Anda. Setelah difinalisasi pendaftaran tidak dapat diubah lagi. Kompirmasi Siswa dan ceklist yang ada. Klik Finalisasi. Untuk lebih jelasnya seperti pada gambar dibawah ini.


8. Langkah Terakhir Mencetak Kartu Peserta SNMPTN.

Jika semua prose pendaftaran dan finalisasi SNMPTN sudah dilakukan itu berarti data anda tidak bisa diubah lagi Selanjutnya pendaftaran Anda akan direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah direkomendasikan, Anda dapat mengunduh kartu peserta SNMPTN atau mencetak kartu perserta SNMPTN untuk lebih jelas seperti pada gambar dibawah ini.

Nantinya akan digukanakan untuk tes jangan lupa untuk membawa kartu peserta saat tes KK dan berkas lain untuk dicek simak kartu tanda peserta dibawah ini. Sebelum mengakhiri postingan kali ini admin akan memberikan sedikit informasi seputar jadwal tes dan beberapa jadwal penting lainnya sampai dengan pengumuman simak selengkapnya dibawah ini mengenai jadwal penting SNMPTN dikutip dari situs resmi SNMPTN.

Proses Pendaftaran Manual SNMPTN sudah selesai tinggal anda mengikuti tes sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara SNMPTN, dari beberapa informasi mengenai pendaftaran diatas dapat disimpulkan bawah untuk mendaftar Manual SNMPTN cukup mudah dengan melakukan 8 langkah mudah pendaftaran cara tersebut sudah diuraikan diatas.

Demikianlah informasi mengenai Panduan Manual Pendaftaran SNMPTN sekaligus Verifikasi Bidik Misi SNMPTN, selamat tes dan semoga lulus SNMPTN atau Bidik Misi tahun ini semoga bisa bermanfaat bagi anda terutama bagi mereka calon peserta SNMPTN tahun ini, amin jangan lupa untuk terus mengupdate informasi seputar Panduan pendaftaran SNMPTN lainnya terima kasih. Untuk informasi Pengumuman dapat diases melalui Pengumuman SNMPTN.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk