Biaya Kuliah UNSRI

Biaya Kuliah UNSRI - Universitas Sriwijaya terdiri dari beberapa kampus yaitu kampus Utama di Indralaya, OI, sedangkan untuk kampus ektensi bahasa dan S2 berada di Bukit Besar Palembang, Sementara untuk kampus FKIP IPA ada di Ogan Palembang, Untuk FKIP IPS ada di Km 5,5, Palembang, Fakultas Kedoketeran Kampus di RS Umum Palembang.

Untuk kampus S2 utama da di Padang Salasa, Palembang. Nah dari beberapa kampus tersebut memang Universitas Sriwijaya atau lebih dikenal UNSRI ini memiliki beberapa kampus disesuaikan dalam jurusan ataupun jalur masuk yang tersedia, seperti misalkan untuk yang lulus jalur SNMPTN dan Beasiswa Bidik Misi dan Beasiswa Berasrama akan ditempatkan di kampus Indralaya.

Sementara untuk mereka yang lulus jalur SBMPTN dan USM akan ditempatkan di Palembang, ketetapan ini memberikan beberapa keuntungan dan kelebihan, selain menjadi pengurai kemacetan pembagian kampus akan memberikan nilai strategis seperti acara besar cocok dilaksanakna di Palembang. Tetapi sering kali pembagian kampus ini menimbulkan konflik antar mahasiswa kampus seperti misalkan Mahasiswa Kampus Palembang dan Mahasiswa Kampus Indralaya.


Biaya Kuliah UNSRI


Berseteru adu argumen tidak sependapat itu sudah menjadi kebiasaan mahasiswa UNSRI, terlebih untuk kampus Indralaya lebih diprioritaskan mengingat sebagian besar dana pendidikan ditanggung oleh pemerintah sementar untuk kampus Palembang biaya keseluruhan ditanggung swadaya oleh Mahasiswa mungkin inilah yang menjadi konflik di UNSRI, Meski bersifat perang dingin hal ini sudah terjadi sejak UNSRI berdiri dahulu kala jadi kemungkinan jika seperti ini akan terus membudaya.

Tetapi perbedaan itu tidak memecah belah UNSRI dimana memang banyak sekali perbedaan keduanya, perbedaan itu terlihat bukan hanya tempat kuliah tetapi juga terjadi pada Biaya Kuliah yang harus dibayar meski UKT memiliki ketetapan sama rata tetapi nominal dan yang berikan sejak pertama masuk sedikit berbeda, seperti misalkan kita ambil contoh Mahasiswa berinisial W jurusan FKIP yang lulus jalur Undangan SNMPTN akan dikenakan biaya kuliah 2,5 jt ini belum terjadi proses penurunan UKT.

Sementara untuk jalur tertulis Mahasiswa berinisial R lulus SBMPTN dan dan mahasiswa J lulus jalur USM program studi FKIP harus membayar buaya kuliah UKT sebesar 5,08 jt itu belum terjadi penurunan. Tetapi untuk kententuan biaya kuliah akan memiliki beberapa kebijakan seperti biaya kuliah akan di sesuaikan dengan penghasilan orang tua Mahasiswa perbulan sesuai katagori yang ditetapkan oleh UNSRI.

Jadi kemungkinan besar perubahan biaya kuliah akan terjadi ketika mereka dianggap kurang mampu hanya saja untuk yang lulus jalur USM, pihak kampus menggap bahwa sebagian besar Mahasiswa memiliki ekonomi Menengah keatas padahal hanya sebagian kecil saja yang berekonomi Sedang keatas, mereka yang kuliah USM biasanya mereka yang belum mengikuti tes jalur sebelumnya atau tidak lulus jalur sebelumnya sekaligus menjadi jalur seleksi terakhir UNSRI.

Meski ada proses penurunan biaya kebanyakan mahasiswa kampus palembang tidak terjadi penurunan biaya kuliah. Kebelutan admin juga kuliah di FKIP kampus Palembang sedikit berbagi pengalaman perjalanan kuliah di UNSRI, hanya saja saat dulu admin kuliah tahun 2010 biaya kuliah di UNSRI kampus palembang hanya 2,740.000, sedangkan untuk kampus Indralaya 740.000 setelah tahun 2014 ini sistem pembayaran berubah menjadi UKT kampus palembang 5 juta lebih, sedangkan kampus Indralaya sekitar 2,5 juta.

Jika dibandingkan dengan tahun semasa admin kuliah tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan sekarang, meski saat ini ada proses penurunan biaya kuliah tetapi prosesnya agak ribet dan panjang, banyak dari mahasiswa yang enggan mengurus penurunan UKT tertuma mahasiswa kampus palembang. Ada beberapa perbedaan selain pembayaran sesuai dengan Jalur Masuk, di UNSRI Biaya Kuliah dari fakultas satu ke lainnya sedikit berbeda.

Seperti misalkan Fakultas Hukum biaya kuliahnya berbeda dengan Fakultas Kedokateran, Teknik berbeda dengan FKIP dan begitu seterusnya mengingat UKT ini memiliki beberapa ketentuan besaran UKT atau Biaya Kuliah UNSRI tergantung beberapa hal diantarnaya pertama Akreditasi Kampus atau Fakultas, Besaran biaya diwilayah Sumsel, dan yang terakhir berdasarkan penghasilan perbulan Orang tua.

Untuk itu admin akan memberikan beberapa daftar lengkap UKT atau Biaya Kuliah UNSRI seluruh Fakultas mau tahu berapa rincian biaya dan besaranya simak selengkapnya dibawah ini dikuti dari situs resmi Unsri.ac.id, ada beberapa fakultas unggulan yang terbilang favorite dan terbaik di UNSRI antara lain Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik.

1. Biaya Kuliah UNSRI Fakultas Ekonomi, Hukum dan Ilmu Komputar D3-S1 Kampus Palembang-Kampus Indralaya.

Biaya Kuliah UNSRI, EKOMI, HUKUM, ILMU KOMPUTER

2. Biaya Kuliah UNSRI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kedokteran, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan S1 Kampus Palembang- Kampus Indaralaya.

Biaya Kuliah, FISIP, KEDOKTERAN, FKIP.

3. Biaya Kuliah UNSRI Fakultas Kesehatan Masyarakat, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pertanian, Fakultas Teknik S1 Kampus Palembang- Kampus Indralaya.

Biaya Kuliah UNSRI, KESMA, MIPA, PERTANIAN, TEKNIK.

Keputusan ini di umumkan dan tanda tangan rektor UNSRI jadi besaran biaya yang bisa anda lihat seperti yang tertera pada tabel diatas, ada beberapa kejadian dan fenomena yang kurang menyenangkan perihal UKT di UNSRI setidaknya ada beberapa bahkan puluhan mahasiswa yang tidak sanggup membayar dan dinyatakan DO dari setiap fakultasnya, sampai-sampai beberapa kali kampus di demo oleh Mahasiswa perihal Uang Kuliah Tunggal ini.

Rasanya mungkin lebih berat beban yang dirasakan oleh mahasiswa untuk Biaya Kuliah UNSRI, tetapi UKT memberikan dampak yang luar biasa kepada kampus sebab UNSRI dengan menerapkan UKT tidak pernah lagi kekurangan Biaya setiap tahun bahkan lebih. Itulah yang akan dilakukan saat ini untuk kuliah dan mencari ilmu memang harus dibayar sepadan ataupun mahal sekalipun. Jika ada niat dan motivasi besar maka semua akan dilalui meski terasa sulit.

Dari beberapa uraian diatas bahwa dapat disimpulakan besaran biaya kuliah di UNSRI bergantung beberapa faktor seperti Jalur Seleksi, Fakultas, Akreditasi Kampus, dan Pendapatan Wali perbulan. Tetapi secara umum ketetapan UKT sama berbeda setalah mengikuti dan mengajukan permohonan penurunan UKT, semoga informasi Biaya Kuliah ini bisa bermanfaat terutama bagi Mahasiswa baru tahun ini amin.

Demikianlah informasi seputar Biaya Kuliah UNSRI semoga dapat membantu anda, tidak hanya yang sudah lulus mulai pendaftaran juga sudah harus dilihat apakaha bajet orang tua mencukupi untuk membayar persemester jangan sampai setelah lulus baru bingung cari uang untuk bayar semeserter setidaknya jika anda sudah siap anda tidak lagi pusing memikirkan besaran biaya karena sudah tahun sebelumnya, sampai ketemu dipostingan selanjutnya terima kasih.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk