Biaya Kuliah SBMPTN

Biaya SBMPTN- Biaya Kuliah SBMPTN - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah satu  jalur masuk yang tersedia untuk pelajar baik lulusan tahun ini atau tahun sebelumnya, jalur ini menjadi satu-satu seleksi yang dilakukan secara nasional dengan menggunakan sistem tertulis.

Ada beberapa pertayaan yang terlintas pada saat membahas mengenai SBMPTN selain dari pada Pendaftaran Online SBMPTN atau Pengumuman SBMPTN, ada satu yang paling terlintas dikepala yaitu apakah biaya kuliah setelah dinyatakan lulus SBMPTN  sama seperti UKT lainnya ? nah sebelum menjawab beberapa pertanyaan tadi admin akan terlebih dahulu menguraikan beberapa perjalanan pengalaman admin seputar Biaya Kuliah SBMPTN.

Sebelum penetapan uang UKT pada tahun 2014 ini, SBMPTN masih memiliki beberapa kebijakan yang sama seperti jalur SNMPTN yaitu kisaran biaya yang akan diadopsi adalah sekitar mulai dari 500 rb, tetapi setelah pentapan UKT sedikit agak berubah untuk yang lulus SBMPTN rata-rata biaya yang akan dikeluarkan sekitar mulai dari 5 jt.


Biaya Kuliah SBMPTN

Sebenarnya jika berbicara masalah uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang lulus SBMPTN cukup bervariasi yaitu sesuai dengan jurusan atau kampus tetapi secara umum pemerintah pusat menetapkan batasan minimun yang bisa diadopsi berdasarkan beberapa ketetap pemeritnah pusat dalam hal ini ada beberapa bigian mengapa UKT SBMPTN setiap kampus dan jurusan sedikit berbeda dari satu dengan lainnya berikut uraiannya.

Penetapan UKT secara umum menurut pemerintah pusat jika mahasiswa dinyatakan lolos seleksi jalur SBMPTN adalah lima juta koma nol delapa rupiah, tetapi hal ini juga harus ditinjau dari Indeks mutu PT, Indeks Jenis Program Studi, Indeks Kemahalan Kampus seperti diuraikan dibawah ini secara umum, sebagi contoh biaya kuliah di program studi kedoketeran dengn pendidikan akan berbeda, biaya kuliah universitas negeri akreditas A berbeda dengan kampus akreditasi B atau C, atau Biaya kuliah di Sumatra akan berbeda dengan biaya kuliah di Papua.

Ketentuan Biaya Kuliah SBMPTN.
C = Rp5,08 juta "Biaya Kuliah Tunggal Basis" yang dihitung dari data yang ada di PTN. 
K1 = indeks jenis program studi. 
K2 = indeks mutu Perguruan Tinggi. 
K3 = indeks kemahalan wilayah.


Sementara itu, untuk menentukan besarnya UKT. adalh UKT = BKT-BOPTN BOPTN merupakan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri. Sehingga besarnya biaya yang harus dibayar mahasiswa akan mengalami penurunan karena adanya BOPTN. Seperti misalkan mereka yang lulus jalur SNMPTN pertama yang merasakan ketentuan BOPTN yaitu pemerintah mengurangi biaya dengan mensubsidi dengan jumlah umum mahasiswa yang lulus SNMPTN sekitar 2,5 jt tetapi ketentuan yang diatas masih berlaku bukan 5,08 seperti SBMPTN.

Oleh sebab itulah UKT atau biaya kuliah dari setiap jalur masuk yang tersedia berbeda, selain itu wilayah, kampus dan jenis prodi juga ikut mewarnai besaran kuliah. Tak cukup sampai di sini, pemerintah juga membagi besaran UKT menjadi lima kelompok, mulai dari yang terendah hingga tertinggi. Kelompok-kelompok tersebut berdasarkan kemampuan ekonomi masyarakat.


Biaya Kuliah SBMPTN

Untuk penetapan sistem biaya kuliah SBMPTN akan dilaksanakan secara umum, tapi tenang bagi wali mahasiswa jangan panik, biasanya pihak kampus tempat anak anda kuliah akan mengatur jadwal penurunan UKT sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, seperti contoh jika anak anda kuliah di Universitas Sriwijaya lulus seleksi SBMPTN, akan dikenakan biaya kuliah UKT sebesar 5,08 jt bagi seluruh mahasiswa padahal anda penghasilan anda perbulan cuma 2,5 jt tentu tidak sesuai dengan katagori penghasilan.

Jadi biasanya wali mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk downgrat atau menurunkan uang UKT melalui Mahasiswa yang bersangkutan untuk mengajukan secara tertulis perihal tersebut untuk mekanisme pengajuan penurunan biaya kuliah mekanisme akan diatur oleh masing-masing kampus, tempat mahasiswa kuliah, jika semua proses sudah dilasanakan nantinya anda akan diwawancarai tim kampus akan mencocokan bukti penghasilan perbulan melalui slip gaji atau lainnya.

Bahkan jika memungkinkan biasanya kampus akan mensurvei rumah dan aset milik anda, hal ini bisa dilakukan secara langsung atau menanyakan kepada orang terdekat yang ada disana. Jika dirasa cukup dan terbukti memang benar anda memiliki gaji seperti yang telah disebutkan barulah nanti uang kuliah mahasiswa bersangkutan akan berubah sesuai dengan penghasilan orang tua.

Jadi bagi anda yang ingin menguliahkan anak anda tahun ini, tentu tidak perlu jadi beban mengingat saat ini kampus lebih akan bersikap adil kepada semua yang lulus jalur SBMPTN, hanya saja proses penurunan UKT tidak bisa serta merta turun begitu saja, ada proses birokrasi yang harus dilakukan sesuai dengan kebijakan kampus tempat mahasiswa kuliah. Ada beberapa keunggulan dan kelemahan dari sistem biaya kuliah UKT.

Diantaranya adalah keuntungan, UKT memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu untuk bisa kuliah sesuai dengan kemampuan orang tua, tanpa pukul rata. Selain itu orang tua mahasiswa tidak lagi dipusingkan dengan biaya uang pangkal yang besar, Kelemahan adalah UKT bersifat menetap dan kontinyu dari mulai awal masuk sampai dengan selesai. Apalagi mereka yang terjebak dalam situasi sulit seperti tidak memiliki kesempatan atau tidak tahu cara mengurus penurunan UKT.

Seperti misalkan biaya kuliah 5,08 jt persemestar tetapi orang tua hanya memiliki penghasilan 2,5 jt perbulan tetapi mahasiswa yang bersangkutan tidak tahu dan enggan bertanya bagaimana proses mengurus penurunan UKT tentu hal ini akan menjadikan kelemahan UKT mengingat tidak semua mahasiswa yang mahir dan tangkas dalam mencari informasi.

Dari beberapa informasi seputar Biaya Kuliah UKT diatas dapat disimpulakan UKT akan memiliki dua dampak positiv dan negativ sesuai bagaimana seseorang memandangnya, tetapi percayalah bahwa kebijakan yang dibuat oleh pemerintah akan berpihak pada mereka yang kalangan menengah kebawah, jadi hal tersebut akan menjadi positif atau negatif bergantung kita melihatnya.

Demikianlah informasi seputar biaya kuliah SBMPTN UKT semoga apa yang telah diberikan dapat menjadi referensi anda terutama bagi mereka yang sudah dinyatakan lulu melalui Pengumuman SBMPTN dan resmi menjadi mahasiswa di PTN sesuai yang diharapkan admin ucapkan selamat kepada yang lulus, perjalanan anda belum usai ini adalah awal dari tantangan besar didepan sana jadi tetap semangat untuk kuliah dan kejar prestasi setinggi-tingginya terima kasih.
Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk