Pendaftaran Online UM

UM.ac.id - Pendaftaran Online UM - Universitas Negeri Malang bertempat di salah satu wilayah Malang dan sekitarnya. Sudah tidak diragukan lagi UM memberikan dan mencetak alumni yang handal dan mampu bersaing di bidangnya hal ini sudah berlaku setiap tahun menerima dan mencetak alumni. Tetapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut terlalu jaul karena pembahasan kita hanya pada pendaftaran online UM.

Melalui situs resmi UM anda bisa mendaftarkan diri dan mencari informasi formasi penerimaan, biaya pendidikan dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki UM salah satunya adalah kampus UM masuk dalam 20 PTN terbaik di Indonesia tidak heran kalau ada banyak mahasiswa yang menginginkan kuliah di kampus ini.



Tujuan dari postingan kali ini adalah memberikan informasi mengenai pendaftaran Online UM bagi yang masih bingun admin akan menuntun anda menemukan dan memberikan kemudahan melalui informasi yang admin ketahui. Jika anda ingin mendaftar caranya cukup mudah tinggal mengakses situs resmi pendaftaran Online UM di seleksi.um.ac.id untuk UM cukup mudah melalui portal tersebut anda akan menemukan jalur masuk yang di Inginkan berdasarkan Lulusan dan yang diminati.

Jika boleh dispesifikan ada 4 jalur masuk Univeristas Negeri Malang, dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Seleksi Nasional dan seleksi Mandiri. Untuk seleksi Nasional dilakukan serentak seperti kebanyakan kampus lain jalur ini meliputi SNMPTN non tertulis dan SBMPTN tertulis. Sedangkan jalur mandiri terdiri dari Jalur tertulis dengan beberapa kelompok lulusan seperti SLTA dan Non SLTA. Selanjutnya yang terakhir adalah jalur mandiri untuk program S2 dan S3.

Untuk lebih jelasnya admin akan merangkumnya dibawah ini beberapa jalur masuk yang bisa di Ikuti dalam beberapa tahapan dan diuraikan secara jelas selain dari itu UM juga menghadirkan Jalur Masuk Beasiswa bagi yang berprestasi dan bagi yang tidak mampu untuk lebih jelasnya simak dibawah ini beberapa informasi lengkap seputar cara Pendaftaran Online UM :


1. Seleksi Nasional SNMPTN UM

Jalur masuk ini diperuntukan bagi pelajar yang berprestasi yang dilakukan secara nasional seleksi ini dilakukan serentak dan secara bersamaan diseluruh PTN yang ada di Indonesia sayangnya tidak semua siswa yang bisa ikut jalur ini karena sifat dari jalur ini adalah diperuntukan bagi juara umum disekolah sejak kelas X sampai XII tentunya sekolah harus terdaftar dulu. cara mendaftarnya cukup mudah, Siswa yang bisa mengikuti seleksi ini ditandai dengan perolehan prestasi nantinya kepala sekolah akan memberikan pasword dan usename untuk login di situs resmi SNMPTN di www.snmptn.ac.id kemudian ikuti semua proses pendaftaran sampai selesai.


2. Seleksi Nasional SBMPTN UM

Jalur masuk ini sama seperti SNMPTN tetapi jalur ini dibuka sebagai salah satu solusi bagi siswa yang tidak bisa mendaftar di jalur SNMPTN karena tidak memenuhi persyaratan, keunggulan jalur ini dilaksanakan secara nasional semua PTN yang ada di Indonesia, setiap siswa dapat mendaftarkan diri secara mandiri dan menjadi alternatif bagi mereka yang tidak lulus SNMPTN. Cara pendaftaranya cukup mudah terlebih dahulu buka portal resmi dan ikuti semua proses pendaftaran sampai selesai di www.sbmptn.ac.id.


3. Seleksi Mandiri Lulusan SLTA UM

Jalur masuk dilaksanakan secara lokal oleh kampus UM biasanya jadwal setelah seleksi Nasional dilaksanakan ada beberapa formasi yang bisa diikuti seperti memilih jenjang pendidikan D3 dan S1 bagi lulusan STLA sederajat yang ingin kuliah di UM. Cara pendaftaran dilakukan online melalui situ resmi Um di https://seleksi.um.ac.id/smpsd. Jangan lupa ikuti proses jangan sampai salah.


4. Seleksi Mandiri Alih Program UM

Kalau yang ini jalur masuk sama seperti Seleksi Mandiri pada umumnya tetapi diperuntukan bukan untuk lulusan SLTA melainkan untuk mereka yang sudah kuliah atau tamatan D3 untuk melanjutkan kuliah ke S1 pada semester tertentu. Untuk pendaftaran silahkan akses situs resmi pendaftaran Online UM Alih Program di https://seleksi.um.ac.id/spaj/.


5. Seleksi Mandiri Pasca Sarjana UM

Sedikit bocoran seleksi Mandiri untuk program pasca sarjana dan Doktoral persaingan sedikit, tidak sebanyak lulusan SLTA atau alih program, ini merupakan peluang bagus untuk melanjutkan kuliah. Seleksi ini berbeda karena untuk mendaftar anda harus terlebih dahulu lulus S1 atau lulus S2 jika tidak lupakan kecuali bagi mereka yang mendapatkan akselerasi dan beasiswa percepatan belajar. Untuk pendaftaran bisa dilakukna melaui situs resmi UM di https://seleksi.um.ac.id/pasca/page/login/.


6. Seleski Beasiswa Kuliah UM

Ada banyak beasiswa yang diberikan UM baik beasiswa kurang mampu atau beasiswa lainya tetapi yang menjadi favorite adalah beasiswa bidik misi yang diperuntukan bagi yang kurang mampu tetapi memiliki prestasi akademik atau non akademik sesuai dengan jurusan dan ingin berniat melanjutkan sekolah tetapi tidak punya biaya, jangan kwatir karena pemerintah melalui  UM memfasilitasi semua biaya pendidikan anda. Untuk pendaftaran beasiswa silahkan kunjungi https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. selain itu masih banyak lagi beasiswa yang ada untuk informasi beasiswa lainya anda juga bisa mengakses situs resmi di um.ac.id.

Setelah anda menyimak informasi seputar pendaftaran Online UM yang panjang anda akan dihadapkan beberapa kendala seperti pembayaran pendaftaran dan beberapa kendala lain. Biasanya kampus UM bekerjasama dengan beberapa Bank yang ada di Indonesai untuk dapat melakukan pendaftaran seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank Daerah setempat.

Semua biaya pendaftaran ditujukan atas nama rektor kampus atau ke nomor rekening atas nama lainya, jangan lupa jika tidak jelas anda bisa menanyakan informasi pembayaran di bank yang bersangkutan atau kepada pihak keamanan bank biasanya mereka akan membantu anda untuk menemukan cara pembayaran pendaftaran yang diharapkan.

Apabila terdapat informasi yang berbeda yang menjadi acuan atau bahan pedoman adalah informasi yang terdapat di situs resmi Universitas Negeri Malang. Admin hanya membantu anda memberikan beberapa informasi bagi yang masih merasa bingung.  Catatan tidak dibenarkan semua hal yang berkaitan dengan sogok menyogok karena tidak ada yang bisa membantu anda untuk lulus kecuali kemampuan anda sendiri berhati-hatilah terhadapa semua bentuk modus penipuan yang dilakukan oknum mengatasnamakan panitia penyelangara penerimaan UM.

Semoga informasi diatas dapat memberikan pencerahan dan menuntun anda untuk melakukan pendaftaran secara online di Universitas Negeri Malang. Admin doakan semoga kalian semua bisa lulus seleksi UM dan bisa bejalar dikampus impian anda amin sampi ketemu dipostingan selanjutnya terima kasih.