Pendaftaran Online Sbmstapp.Kemenpar.go.id

Sbmstapp.Kemenpar.go.id - Pendaftaran Online Sbmstapp.Kemenpar.go.id - Mungkin dari kita belum banyak mengetahai apa itu SBMSTAPP, atau mungkin juga belum begitu paham apa sebenarnya jalur seleksi ini. Untuk menjawab itu semua disini kami akan memberikan penjelasan bagi anda terutama untuk peserta SMA/SMK/MA sederajat yang baru lulus bisa mengikuti seleksinya, terlebih dahulu kita akan menguraikan apa sih SBMSTAPP itu.

Menurut informasi yang telah kami kutip dari beberapa sumber seperti Kementerian Pariwisata dan SIAP PPDB, SBMSTAPP merupakan Seleksi Bersama Masuk Sekolah Tinggi Akademi dan Politekini Pariwisata. Dimana ada beberapa wilayah tersebar baik itu di Bandung, Bali maupun Makasaar.

Pasti kalian bertanya-tanya apa keuntungan mengikuti SBMSTAPP ini, ada yang sedikit membedakan antara SBMSTAPP dengan seleksi lain sebab ini merupakan seleksi khusus untuk SBMSTAPP artinya sekolah tinggi ataupun akademik dan Politeknik Pariwisata. Keuntungan lain mengikuit seleksi ini adalah sekolah ini tergolong sebagai sekolah Pariwisata Ikatan Dinas.

Pendaftaran Online SBM-STAPP

Dimana ada kerjasama antara sekolah tingggi, atau Akademik dan Politeknik dengan pihak tertentu baik itu perusahan atau pemerintah yang bergerak dibawah kementerian pariwisata Indonesia. Sudah bukan rahasia bahwa sekolah ini merupakan salah satu sekolah ikatan dinas. Enak bukan Setelah lulus sekolah anda akan langsung bekerja.

Selain itu bagi anda yang tinggal diwilayah yang memiliki potensi alam seperti Pariwisata yang potensial anda bisa mengikuti sekolah ini, sebut saja seperti daerah Sumatera dan sekitarnya bisa mengikuti Akademik Pariwisata yang ada di Medan. Bagi anda yang ada di Pulau Jawa bisa mengikuti seleksi Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, kemudian untuk wilayah Bali dan Sekitarnya bisa mengikuti Akademi Pariwisata di Bali.

Nah untuk wilayah Timur Indonesia beruntunglah kalian karena bisa mengikuti seleksi melalui Politeknik Pariwisata yang ada di Kota Makassar. Keuntungan lain dari SBMSTAPP sendiri anda bisa memilih kampus dan jurusan sesuai dengan keinginan kemudian begitu juga untuk seleksi seperti contoh anda ingin mengambil seleksi Politeknik Pariwisata yang ada di Makassar tetapi tempat seleski yang diambil di Bandung karena rumah anda dekat Bandung.

Begitu juga yang lainnya cukup mudah bukan untuk bisa mengikuti seleksi dan penerimaan SBMSTAPP anda harus mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang ada mulai dari seleksi awal sampai selesai, nah sebagai tahap awal anda harus mengikuti semua ketentuan pendaftaran seperti yang kita ketahui disini kami akan menguraikan secara rinci untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini. berikut Aturan dan Prosedur SBMSTAPP


Ketentuan Umum SBMSTAPP
  1. SBMSTAPP merupakan pola seleksi bersama yang terintegrasi dan terpadu berdasarkan nilai test yang dilaksanakan.
  2. Siswa yang akan mendaftar wajib membaca informasi di laman SBMSTAPP tentang ketentuan yang terkait dengan penerimaan mahasiswa baru.

Ketentuan Khusu SBMSTAPP
  • Pendaftaran
  1. Lulusan SMA/SMU/SMK/MA/MAK atau yang setara.
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Membayar biaya Pendaftaran
  • Penerimaan
  1. Memenuhi seluruh persyaratan seleksi, lulus ujian nasional, lulus seluruh tahap ujian seleksi, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan.

Tata Cara Mengikuti SBMSTAPP

Tata cara mengikuti SBMSTAPP dilakukan melalui satu tahap yaitu pendaftaran, ujian dan pengumuman.

  • Pendaftaran SBMSTAPP :
  1. Pendaftar mengisi formulir awal yang telah disediakan pada laman http://sbmstapp.kemenpar.go.id/#!/04/ajuan
  2. Pendaftar mencetak tanda bukti pendaftaran
  3. Pendaftar melakukan pembayaran melalui Bank yang ditentukan dengan mencantumkan “No. Peserta” di kolom "Keterangan atau Berita" pada Slip Pembayaran, ikuti tata cara pembayaran yang terdapat pada Surat Tanda Bukti Pendaftaran
  4. Pendaftar melakukan "Konfirmasi" pembayaran dengan meng-unggah bukti bayar melalui 'Dasbor Peserta"
  5. Pendaftar menunggu konfirmasi pembayaran sampai dengan mendapat 'notifikasi / pesan" via SMS, atau menunggu kurang lebih 24 jam setelah pembayaran.
  6. Pendaftar login kembali melalui "Dasbor Peserta" untuk melengkapi biodata diri dengan mengguah foto dan kelengkapan data lainnya sesuai formulir isian
  7. Pendaftar mencetak Kartu Ujian sebagai tanda bukti peserta SBMSTAPP.

Unggah Foto SBMSTAPP

Berikut adalah tata cara unggah foto
  1. pada laman login, klik kelengkpan data untuk mengunggah foto
  2. ketentuan foto
  3. foto formal dengan bacground warna merah
  4. jenis foro close up atau setengah badan
  5. foto berwarna dengan resolusi tinggi maksimal ukuran 500x1000 pixel dan 2MB

Jumlah Pilihan PTP dan Program Studi SBMSTAPP
  1. Setiap Pendaftar dapat memilih 4 (empat) Program Studi pada Perguruan Tinggi  Pariwisata
  2. Setiap Pendaftar dapat memilih sendiri Lokasi Tempat Ujian berdasarkan lokasi Perguruan Tinggi  Pariwisata dilingkungan  Kementerian Pariwisata.
  3. Urutan pilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi SBMSTAPP dapat dilihat pada laman http://sbmstapp.kemenpar.go.id/#!/040001/pagu

Jadwal Pelaksanaan SBMSTAPP

Jadwal pelaksaan dapat dilihat melui situs resmi https://sbmstapp.kemenpar.go.id/#!/040001/jadwal


Biaya Pendaftaran SBMSTAPP

Biaya Pendaftaran SNMSTAPP adalah sebagai berikut :
  • Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Indonesia (WNI), sesuai pilihan 1:
  1. Rp. 250.000,- untuk Sekolah Tinggi Pariwisata
  2. Rp. 150.000,- untuk Akademi Pariwisata dan Politeknik
  • Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Asing (WNA) : Rp 1.000.000,-

Prinsip dan Mekanisme Seleksi SBMSTAPP

Prinsip Seleksi Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:
  1. Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan metode test tulis, wawancara dan pemeriksaan kesehatan;
  2. Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTP Kemenpar secara adil, akuntabel, dan transparan
Mekanisme Seleksi Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Siswa Pendaftar diseleksi di program Studi PTP Kemenpar pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  2. Siswa yang tidak masuk pada kriteria kelulusan pilihan pertama akan diseleksi pada pilihan selanjutnya
Bantuan dan Alamat Panitia SBMSTAPP
Informasi resmi mengenai SBMSTAPP dapat diakses melalui laman http://sbmstapp.kemenpar.go.id Alamat email  sbmstapp@kemenpar.go.id Alamat Panitia SBMSTAPP
    Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
    Gedung Rektorat Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
    Jl. DR. Setiabudhi 186 Bandung – 40141 Jawa Barat
    Call Center: 0811 1101 371
    Telepon : 022 2011456 | Faksimile : 022 2012097
    laman : http://stp-bandung.ac.id

    Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
    Gedung Rektorat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
    Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua – 80363 Bali
    Call Center: 0811 1101 372
    Telepon : 0361 773537 | Faksimile : 0361 774821
    laman : http://stpbali.ac.id

    Akademi Pariwisata Medan
    Gedung Rektorat Akademi Pariwisata Medan
    Jl Rumah Sakit Haji No. 12, Medan – 20371 Sumatera Utara
    Call Center: 0811 1101 373
    Telepon : 061 6632182 | Faksimile : 061 6620311
    laman : http://akparmedan.ac.id

    Politeknik Pariwisata Makassar
    Gedung Rektorat Politeknik Pariwisata Makassar
    Jl. Gunung Rinjani No. 1, Kota Mandiri Tanjung Bunga, Makassar - 90244 Sulawesi Selatan
    Call Center: 0811 1101 374
    Telepon : (0411) 838456 | Faksimile : (0411) 838366
    laman : http://poltekpar-makassar.ac.id

    PTP atau lebih dikenal dengan istilah Perguruan Tinggi Pariwisata merupakan bagian dari sekolah ikatan dinas dibawah kementerian pariwisata hanya saja untuk ketentuan lainnya seperti pendaftaran tidak gratis dan masih banyak lagi ketentuan lainnya. Untuk bisa mengikuti seleksi SBMSTAPP anda juga dapat mengakses situs resmi Siap-ppdb.com

    Selain itu anda juga dapat mengakses informasi seputar pendaftaran SBMSTAPP melalui situs https://sbmstapp.kemenpar.go.id untuk pendaftaran dibuka dari awal bulan Feberuari samapi dengen bulan Juni waktu yang panjang dapat anda gunakan sebaik-baiknya untuk memilih kampus yang cocok untuk anda.

    Apalagi dewasa ini untuk mencari lowongan pekerjaan semakin sulit, untuk itu PTP bisa menjadi salah satu solusi anda bagi yang berminat kuliah bidang Pariwisata mengingat Indonesia itu kaya akan budaya dan sejarah serta pariwisata yang bisa dijadikan salah satu pelaung pekerjaan dengan mengambil salah satu kampus yang sesuai untuk anda baik Akademi, Sekolah Tinggi atau Politeknik Pariwisata.

    Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran Online SBMSTAPP diatas maka dapat ditarik kesimpulan Pendaftaran ini dilaksanaakn melalui Online dibawah kementerian pariwisata Indonesia kemudian informasi Pendaftaran dapat diakses dari beberapa seperti situs resmi Kementerian Pariwisata, SIAP PPDB, sampai dengan situs resmi dari masing-masing kampus.

    Demikianlah informasi Pendaftaran diatas semoga dapat membantu anda dalam proses pendaftaran dan memudahkan semua urusan mengenai SBMSTAPP, dalam beberapa informasi sesuai ketentuan, kami mengutip dari situs resmi apabila terdapat perbedaan info maka yang digunakan informasi pada situs resmi terima kasih selamat mencoba.
    Wijaya, S.Pd.,SCU Bekerja sebagai penulis konten pendidikan sejak 2010 sampai saat ini dengan latar belakang lulusan S1 Sarjana Pendidikan, Aktif sebagai guru dan memiliki pengalaman 13 tahun mengajar kursus masuk perguruan tinggi negeri. Selain itu juga di dukung dengan gelar profesional seperti Digital Marketing, CSCU, dalam bidang pendidikan maupun Bimbingan Karir, Pendiri PT EM Technology Sebagai Perusahaan Induk