Pendaftaran Online Beasiswa LPDP

Lpdp.Kemenkeu.go.id- Pendaftaran Online Beasiswa LPDP - Selain itu program yang ditawarkan cukup menarik sebab ada beasiswa Tesis dan Disertasi untuk anda, selain itu masih ada lagi kabar gembira lainnya seperti beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diberikan melalui badan terkait seperti kementerian hukum dan ham, kementerian agama dan kementerian pendidikan Indonesia melalui beasiswa ini diharapakan bisa memberikan bantuan biaya pendidikan untuk anda dan menyiapkan pemimpin bagi Indonesia.

Kabar gembirannya adalah beasiswa ini dapat diikuti oleh semua orang asal memenuhi persyaratan yang ditetapkan LPDP melalui situ resmi beasiswalpdp.org dan pendaftaran beasiswa ini dibuka sepanjang tahun lebih tepatnya setiap pada tanggal 19 November dengan kata lain tidak ada batas waktu penutupan sepanjang tahun anda bisa melalukan pendaftaran sesuai dengan beberapa ketentuan yang berlaku.


Pendaftaran Online Beasiswa LPDP

Pada kesemapatana kali ini kita akan membahas mengenai beberapa ketentuan dan pendaftaran Beasiswa LPDP yang diberikan lembaga ini, seperti yang telah dibahas sebelumnya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran online Beasiswa LPDP simak persyaratan umum dibawah ini :

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP
  1. Warga negara Indonesia yang ditunjukkan dengan identitas kependudukan yang sah.
  2. Lulusan program studi : A) Perguruan Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau lulusan Perguruan Tinggi kedinasan yang diakui oleh pemerintah Indonesia. B) Perguruan Tinggi diluar negeri yang berkategori baik sesuai daftar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  4. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan.
  5. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat tindakan melanggar hukum.
  6. Menandatangani Surat Pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik.
  7. Menandatangani Surat Pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa Indonesia.
  8. Menandatangani Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain.
  9. Mendapatkan Surat Tugas Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja.
  10. Memiliki Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  11. Memilih program studi dan/atau perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP. Mengupload Essay dengan tema : Peranku bagi Indonesia dan Sukses terbesar dalam hidupku serta Rencana Studi untuk program Magister catatan *Semua dokumen dapat dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa di beasiswalpdp.org.
Sebelum mendaftar anda harus memenuhi beberapa persyaratan yang ada selain persyaratan umum LPDP juga memberikan persyaratan khusus untuk anda yang harus dipenuhi dalam beberapa persentasi dan pengisian formulir pendafaran jika tidak memenuhi persyaratan jangan harap anda bisa melanjutkan pendaftaran online Beasiswa LPDP. Mari kita simak Pesyaratan Khusus Beasiswa LPDP dibawah ini :

Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP :
  1.  Telah menyelesaikan dan memperoleh gelar akademik: a) Sarjana / Sarjana Terapan untuk pelamar program Magister, b) Magister untuk pelamar program Doktor.
  2. Usia maksimum bagi pelamar beasiswa pada saat penutupan pendaftaran adalah: a) 35 (tiga puluh lima) tahun untuk program Magister, b) 40 (empat puluh) tahun untuk program Doktor.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum adalah: a) 3,00, pada skala 4, untuk lulusan Sarjana yang akan studi Magister, b) 3,25, pada skala 4, untuk lulusan Magister yang akan studi Doktor.
  4. Kemampuan penguasaan bahasa asing: a)TOEFL ITP minimal 500 untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi dalam negeri, b) TOEFL PBT minimal 550 atau yang setara untuk studi pada program Magister/Doktor di perguruan tinggi luar negeri dan/atau telah memiliki Letter of Acceptance (LOA). c) Untuk pelamar yang memilih program studi Magister atau Doktor luar negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar akademiknya, dapat menyesuaikan dengan persyaratan kemampuan berbahasa asing yang berlaku di perguruan tinggi tersebut.
  5. Memahami dan menyetujui persyaratan dan ketentuan beasiswa sebagai berikut: a) menyelesaikan studi maksimal dalam 2 (dua) tahun untuk program Magister, sesuai masa studi yang berlaku, b) menyelesaikan studi maksimal dalam 4 (empat) tahun untuk program Doktor, sesuai masa studi yang berlaku.
Jika memenuhi persyaratan anda bisa mendaftar hanya saja sebagai pengingat beasiswa LPDP merupakan beasiswa untuk S2 dan S3 saja tidak ada untuk jenjang S1 kalau untuk Sarjana ikut saja beasiswa bidik misi, baikalah admin akan memberikan beberapa cara pendaftaran Beasiswa LPDP berikut informasinya simak selengkapnya dibawah ini :

  • Silahkan masuk ke situs resmi Beasiswa LPDP di portal lpdp.kemenkeu.go.id
  • Langkah selanjutnya klik panel formulir pendaftaran di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  • Kemudian jika semua sudah selesai anda akan dihadapkan pada sebuah kiriman email yang anda daftar berupa langkah selanjutnya meliputi dibawah ini.
Pendaftaran dilaksanakan secara online dengan mengunggah dokumen-dokumen pendukung dan mengisi formulir sesuai format yang diberikan. (Semua dokumen dapat dilihat pada dokumen petunjuk beasiswa) Seluruh dokumen pendukung (asli) dan cetak formulir harus dibawa pada tahap seleksi wawancara.


Formulir dan Dokumen Pendukung
  • Cetak Formulir Pendaftaran OnLine
  • Ijazah dan Transkrip Asli
  • Sertifikat TOEFL/IELTS/TOAFL dan yang setara
  • Sertifikat Prestasi
  • Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Hukum
  • Surat Pernyataan Tidak Pernah Terlibat Tindakan Melanggar Kode Etik Akademik
  • Surat Pernyataan mengabdi Kepada Kepentingan Bangsa Indonesia
  • Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari Sumber lain
  • Surat Ijin Belajar dari atasan bagi yang sedang bekerja
  • Surat Keterangan dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja
  • Essay

Selanjutnya untuk semua proses akan dituntun melalui kiriman email semua berkas yang sudah diajukana akan dinyatakan lulus bisa panitia memberikan panggilan berupa tes wawancara dengan beberapa tetentuan selanjutnya proses akan selesai dan anda akan dinyatakan layak mendapatkan Beasiswa S2 dan S3 LPDP setelah dinyatakan lulus tes yang meliputi wawancara serta beberapa tes pendukung lainya.

Jika tidak lulus anda harus melengkapi beberapa berkas dan kembali mengajukan dilain waktu atau waktu berikutnya jangan kwatir pendaftaran Online Beasiswa LPDP seperti telah disebutkan admin diatas dibuka sepanjang tahun atau lebih tepat jadwal pembukaan pendaftaran tanggal 19 November jadi anda bisa ikut sampai beberapa kali dalam satu tahun untuk mendapatkan beasiswa yang di Inginkan.

Terpenting adalah anda melengkapi berkas dan memenuhi semua persyaratan serta dinyatakan lulus tes seperti wawancara dan tes pendukung lainya, sudah dipastikan anda akan lulus. Untuk tempat dan waktu tes akan dilakukan panggilan dengan beberapa metode seperti melalui email dan nomor telpon yang anda daftarkan.

Berkas atau tes akan dilaksanakan di Gedung A.A. Maramis II Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Timur No. 1, Jakarta 10710 Telepon (021) 3808392 Fax (021) 384 6474 Situs www.lpdp.depkeu.go.id ©Lembaga Pengelola Dana Pendidikan.

Untuk jenis beasiswa ada beberapa kelompok yaitu beasiswa biaya pendidikan, pendanaan riset dan pengelolaan biaya pendidikan semua beasiswa akan diberikan setelah anda dinyatakan lulus 100 persen besaran biaya bergantung pada studi yang akan diambil apakah tujuan kuliah luar negeri atau dalam negeri admin doakan semoga anda lulus beasiswa LPDP tahun ini amin. Bingung cara mendaftarnya berikut Panduan Pendaftaran Manual Beasiswa LPDP silahkan kunjungi situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.